Amankah Belanja Di eBay
in ebay

Amankah Belanja Di eBay

 

Pecinta dunia belanja online pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar tentang eBay bukan? Nah buat kamu nih yang belum tahu atau yang masih baru ingin mencoba berbelanja di eBay, kamu wajib mengetahui beberapa hal sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan transaksi.

eBay merupakan salah satu marketplace terbesar yang dijalankan dengan sistem online. Mengapa terkenal sebagai marketplace terbesar? Hal ini dikarenakan kamu bisa menemukan apapun yang ada di seluruh dunia melalui eBay, setidaknya ada kurang lebih 5000 kategori produk dan lebih dari 1 miliar produk yang ada di dalam eBay. Banyak sekali kan?

Dengan menggunakan eBay kamu bisa menemukan produk-produk keluaran luar negeri yang tidak dijual di Negaramu. Jadi kamu tidak perlu pergi ke Luar Negeri dan menghabiskan banyak biaya untuk membeli produk tersebut. Kamu hanya perlu duduk manis dirumah dan menunggu barangmu sampai.

Simple sekali bukan? Meskipun banyak sekali produk yang tersedia, namun sayangnya ada beberapa seller yang hanya bersedia mengirimkan ke negara tertentu saja. Jika kamu ingin membeli barang dan melihat apakah seller bersedia mengirimkan ke Indonesia kamu bisa melihatnya di bagian keterangan. Biasanya seller akan memberikan keterangan “Does not ship to Indonesia”, yang berarti produk tidak dapat dikirim ke Indonesia.

Kemanan Berbelanja di eBay

Pertanyaan yang sering muncul ketika seseorang ingin berbelanja di eBay adalah masalah keamanan. Aman atau tidak sih berbelanja di eBay ? Kekhawatiran ini memang sangat wajar karena mayoritas barang berasal dari luar negeri dan dikhawatirkan barang tidak akan sampai ke tangan pembeli. Namun kamu tidak perlu khawatir kok, keamanan berbelanja di eBay sangat terjamin. Kamu bisa melihatnya dari julukan eBay sebagai marketplace terbesar di dunia yang berarti sudah banyak sekali transaksi yang sudah dilakukan dan tentunya berhasil.

Selain itu eBay juga memberikan sebuah perlindungan bagi buyer atau pembeli yang dikenal dengan eBay Buyer Protection. eBay Buyer Protection ini merupakan sebuah perlindungan yang diberikan eBay kepada pembeli atau buyer atas transaksi yang sudah dilakukan. Jika barang yang kamu pesan tidak kunjung sampai di tangan atau barang yang sampai rusak, cacat, salah, dan lain-lain, maka kamu bisa mengajukan complain agar bisa mendapatkan ganti rugi. Ganti rugi yang ada di eBay terdiri dari dua jenis yaitu ganti rugi sebagian (partially refund) dan ganti rugi keseluruhan (full refund)

Keamanan berbelanja di eBay juga bisa dilihat dari customer service yang sangat responsif. Berbeda dengan situs lainnya, eBay memiliki cutomer service yang sangat responsif dalam melayani pembeli atau buyer. Jika pembeli atau buyer sedang mengalami kesulitan dalam proses transaksi maka customer service akan dengan cepat tanggap membantu. Meskipun layanan customer service hanya tersedia dalam fitur message namun pelayanannya sangat memuaskan, hal ini dapat dilihat dari seberapa cepat dan sangat membantunya customer service memberikan solusi kepada buyer atas masalah atau kendala yang sedang dihadapi dalam sebuah transaksi.

Jika kamu masih khawatir atas keamanan berbelanja di eBay, berikut ini beberapa tips untuk berbelanja aman di eBay :

  1. Teliti dalam membeli barang.

Sebelum membeli barang sebaiknya kamu mengecek kembali secara detail dan teliti agar barang yang kamu inginkan sudah sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Jangan sampai kamu membeli barang dengan asal karena bisa jadi barang yang akan sampai berbeda dengan apa yang ada di foto, pastikan untuk melihat review yang diberikan untuk lebih menyakinkan.

  1. Teliti terhadap pengiriman barang.

Seperti yang sudah dijelaskan jika tidak semua seller eBay bersedia mengirim barang ke semua negara, beberapa seller hanya bersedia mengirim barang ke beberapa negara saja. Oleh sebab itu teliti kembali apakah seller tempat barang yang kamu inginkan bersedia mengirimkan barang ke negaramu.

  1. Pantau proses pengiriman barang.

Setelah memastikan bahwa semuanya aman, hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah memantau proses pengiriman barang. Kamu bisa mengecek status pengiriman barang di dalam menu pemberitahuan yang ada di akun eBay. Biasanya produk atau barang akan sampai dalam waktu 3 – 6 minggu.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment