Amankah Belanja di Alibaba ?
in Alibaba

Amankah Belanja di Alibaba ?

Apakah kita aman jika membeli barang di Alibaba ?. Apakah di alibaba tidak ada penipuan ? Apakah semua penjual disana jujur ?.

Ketika kita membahas tentang bagaimana cara belanja di Alibaba, tidak jarang masuk pertanyaan dari customer, apakah aman kita membeli barang di Alibaba ? Mengingat kita melakukannya secara online, dan kita tidak mengenal penjual sebelumnya. Apalagi domisili penjual jauh di sana dan kalau terjadi apa apa, bagaimana cara mengurusnya ?.

Pertanyaan dan kekhawatiran ini tentu sangat wajar, mengingat tidak semua customer yang datang kepada kami, semuanya memiliki pengalaman yang cukup dalam membeli barang secara online, apalagi di website internasional seperti Alibaba ini.

OK, kita bahas dalam posting ini, berdasarkan pengalaman saya sebagai jasa beli Alibaba selama ini.

  1. Apakah Alibaba merupakan platform yang aman ?. Jawabannya adalah iya. Alibaba bisa dikatakan sebagai marketplace terbesar di dunia. Apalagi jika anda ingin membeli barang dari China. Alibaba adalah group atau raksasa besar dalam perdagangan online dunia, utamanya di Asia. Jadi kita tidak perlu ragu dengan reputasi Alibaba beserta groupnya.

Lebih dari itu, Alibaba juga menciptakan sebuah system transaksi yang aman, yaitu yang biasa mereka sebut sebagai Alibaba Trade Assurance. Dengan system Trade Assurance, Alibaba menjadi pihak ketiga yang akan menjamin keamanan transaksi Antara penjual dan pembeli yang bertransaksi di platform Alibaba. Jadi jika anda membeli barang di Alibaba menggunakan Trade Assurance nya, maka uang yang anda bayarkan akan aman, karena ada Pihak Alibaba yang akan menahan Dana layaknya kita bertransaksi dengan skema rekening bersama, yang saat ini banyak di adopsi oleh semua web ecommerce lokal Indonesia.

  1. Apakah semua seller di Alibaba baik dan Aman ?. Jawaban saya adalah tidak !. Di web marketplace atau eccomerce manapun juga, pasti selalu ada orang orang yang tidak bertanggung jawab, memanfaatkan situasi untuk mengambil keuntungan secara tidak tidak sah, alias mencoba menipu orang lain yang menjadi pembeli di tokonya.

Untuk itu kita sebagai pembeli harus tahu bagaimana cara mencari seller yang benar dan aman, untuk menghindari atau meminimalisir kemungkinan tertipu ketika belanja di sana. Cara yang umum dilakukan dan saya ajarkan adalah sbb :

  • Pilih seller yang berstatus sebagai “Verified Suplier”. Artinya seller tersebut telah diverifikasi oleh Alibaba atau pihak ketiga yang ditunjuk oleh Alibaba untuk melakukan verifikasi keberadaan bisnis si seller. Baik itu bentuk perusahaan, alamat, realitas bentuk usahanya, dll. Jika seorang seller telah melewati tahan sebagai Verified Suplier, maka bisa dikatakan bahwa seller tersebut memang benar benar memiliki bisnis yang nyata.
  • Pilih seller yang melayani pembayaran melalui Trade Assurance Alibaba, sehingg transaksi akan berjalan dengan aman, karena ada Alibaba sebagai penjamin keamanan transaksinya.
  • Pilihlah seller yang sudah “tua” alias sudah lama berjualan di Alibaba. Semakin lama mereka ada di Alibaba, logikanya semakin mereka berpengalaman, dan bisnisnya berjalan lancar. Artinya mereka tidak pernah bermasalah dengan pelanggannya.

Baca pula : Cara singkat mencari seller Alibaba yang baik

  1. Metode pembayaran apa yang paling aman ?. Ada dua cara pembayaran yang aman di alibaba, yaitu Melalui Trade assurance Alibaba tadi. Serta menggunakan Platform Paypal. Keduanya menawarkan skema pembayaran yang aman, karena ada pihak ketiga yang menjamin keamanan transaksi. Kalau Trade assurance Alibaba, penjaminnya adalah Alibaba sendiri. Sedangkan jika menggunakan Paypal, maka Pihak paypal lah yang menjaminnya.

Nah, melihat penjelasan diatas, kita bisa mengambi beberapa kesimpulan sbb :

  1. Alibaba adalah platform yang terpercaya dan aman untuk kita membeli barang
  2. Kita perlu mencari dan memilih seller yang aman di Alibaba. Mayoritas seller di Alibaba itu aman. Tetapi tidak dipungkiri, ada juga orang yang memanfaatkan platform Alibaba untuk menipu. Jadi yang tidak aman bukan platformnya, tetapi memang penipu itu ada dimana mana, dengan mencoba memanfaatkan kelengahan kita. Intinya kita hanya bertransaksi dengan seller yang terpercaya, seperti saya jelaskan diatas.
  3. Gunakan cara pembayaran yang aman, dimana melibatkan pihak ketiga sebagai penjamin transaksi, terutama jika belum kenal dengan seller tersebut.

Demikianlah penjelasan tentang apakah belanja di Alibaba itu aman ?. Dan menurut saya yang sudah berpengalaman belanja di Alibaba ribuan kali, Alibaba adalah platform yang aman dan sangat menarik untuk belanja disana. Jika anda memiliki pertanyaan tentang bagaimana cara belanja di Alibaba, cara pembayaran di Alibaba, dan lai lain, silahkan menghubungi kami. Kami siap membantu anda bertransaksi di alibab dengan mudah dana man. Terima kasih sudah berkunjung, semoga kita selalu diberikan kesehatan dan keselamatan, aamiin.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment