Alternatif Media Tanam Anggrek Dendrobium
in Home and Garden

Alternatif Media Tanam Anggrek Dendrobium

Termasuk poin utama pada budidaya anggrek yaitu media tanam. Apabila media tanam anggrek tak sesuai, otomatis pertumbuhan pun terganggu. Soalnya, media tanam adalah sarana untuk akar anggrek memperoleh nutrisi, udara sekaligus kelembaban. Itu pun berlaku untuk media tanam anggrek Dendrobium.

Bila media tanam tak bisa menyimpan air secara baik atau kelewat jenuh air, pasti tanaman bisa layu lalu perlahan mati. Nah, sebelum menentukan media tanam anggrek yang cocok bagi jenis Dendrobium, berbagai syarat berikut mesti ada yaitu :

  • Dapat mengikat air.
  • Jangan mengakibatkan becek saat disiram air.
  • Memiliki kandungan unsur hara baik makro maupun mikro.
  • Dapat menyimpan zat hara.
  • Bersifat porous atau punya drainase bagus.
  • Bisa berlangsung sirkulasi udara yang baik.
  • Tak gampang lapuk.
  • Dapat menopang tanaman.
  • Tak memiliki kandungan zat berbahaya.
  • Steril yaitu tak mengandung bakteri atau jamur.
  • Ph yang ideal adalah 5,5 – 6,5, tak terlalu asam atau basa.

Kendati syarat-syarat tadi tak bisa dipenuhi sepenuhnya untuk satu macam media namun kita tetap bisa mengakalinya dengan mengkombinasikan beberapa media untuk pertumbuhan yang optimal. Umpamanya, kombinasi media dengan bahan porous dan media yang memiliki kandungan zat hara.

Yang juga tak kalah penting, media tanam anggrek Dendrobium dan jenis anggrek lain yaitu murah dan praktis atau mudah didapat.

Kebanyakan, anggrek hidup dengan menempelkan akarnya ke media untuk mencari nutrisi sekaligus penunjang agar bisa berdiri kuat. Varietas anggrek yang membutuhkan media tanam selain dendrobium yaitu anggrek phalaenopsis, anggrek bulan,  dan beberapa species lain. Media tanam Anggrek Dendrobium setidaknya ada 8 macam pilihan yaitu :

  1. Pecahan genteng

Media tanam Anggrek Dendrobium yang pertama adalah pecahan genteng. Hanya saja, untuk kesanggupan mengikat air maupun menyimpan zat hara,  jenis media tanam ini bisa dikatakan terbatas.

  1. Pecahan batu bata

Pilihan media tanam ini difungsikan untuk anggrek sebab kemampuannya dalam menyimpan air, dapat mengalirkan air dengan baik, sekaligus pula menghasilkan aerasi yang bagus. Di samping itu, batu bata pun bisa menampung zat hara yang dibutuhkan anggrek. Batu bata umumnya diaplikasikan pada sisi dasar pot yang kemudian diberikan jenis media tanam yang lain.

  1. Arang

Kebanyakan digunakan arang kayu. Media tanam anggrek Dendroibium ini kecuali bisa menampung air, juga berhasil menetralkan berbagai zat beracun sekaligus mempertahankan pH media tanam.

  1. Serbuk gergaji

Adalah material media tanam organik bagi anggrek Dendroibium yang bagus. Karena, serbuk gergaji memiliki aerasi dan drainase yang bagus. Meski mengandung zat hara, akan tetapi proses dekomposisinya lama sehingga tak langsung tersedia.

  1. Styrofoam

Styrofoam sebagai media tanam anggrek Dendrobium bisa berfungsi untuk drainase, kemampuan aerasi, dan awet. Akan tetapi karena tak bisa menyimpan air, tentu aplikasinya harus dikombinasikan bersama media lain.

  1. Sabut kelapa

Merupakan bahan organik dengan konsentrasi zat hara utamanya Kalium yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, wajar jika sabut kelapa biasa menjadi media tanam anggrek termasuk Dendrobium. Jika fungsinya mempertahankan kelembaban, sabut kelapa sangat bisa mengikat air.

  1. Moss

Bahan ini cukup bagus diaplikasikan menjadi media tanam anggrek Dendrobium. Moss dihasilkan dari akar paku-pakuan dengan kemampuan menampung air serta memiliki kandungan zat hara khususnya nitrogen yang konsentrasinya 2-3 %. Di samping itu, moss pun punya rongga udara cukup banyak lalu pastinya tak gampang lapuk.

  1. Pakis

Anggrek Dendrobium cukup memuaskan pertumbuhannya jika media tanam yang digunakan adalah pakis. Karena, pakis punya kelebihan aerasi maupun drainase yang bagus. Tak cuma itu, pakis pun memiliki kandungan unsur hara yang akan membantu pertumbuhan sekaligus perkembangan anggrek.

Itu tadi beberapa pilihan media tanam Anggrek Dendrobium yang sesuai dan pas dengan syarat-syarat yang diperlukan. Menggunakan media tanam dengan sifat porous, kemampuan aerasi, kemampuan menyimpan air sekaligus mengikat zat hara maka bisa dijamin pertumbuhan anggrek Dendrobium akan subur lalu bunga yang dihasilkan pun sempurna.

Nah, pilih media tanam anggrek yang mudah untuk didapatkan di sekitar kita dan jika perlu lakukan kombinasi untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Selamat berkebun.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment