Adakah Cara Membeli Motor di Alibaba ?
in Uncategorized

Adakah Cara Membeli Motor di Alibaba ?

Tidak sedikit customer yang bertanya, bagaimana cara belanja atau  membeli sebuah motor di alibaba atau situs jual beli internasional lainnya seperti ebay, amazon, dll. Mereka tertarik dengan listing yang ditawarkan oleh penjual yang menawarkan sebuah sepeda motor sport dengan harga murah, baik dalam kondisi baru maupun bekas.

Dalam posting kali ini kita fokuskan pada bahsan apakah bisa membeli sepeda motor di Alibaba ?

Pertama yang harus kita bahas adalah, sepeda motor merupakan sebuah kategori barang yang tidak bisa di impor secara bebas. Artinya perlu banyak izin yang harus dilengkapi oleh importir untuk bisa mengimpor sepeda motor secara utuh. Mulai dari Izin kementrian perindustrian, kemendag, Polri hingga Kementrian Perhubungan. Selain banyaknya izin yang harus dipenuhi, kita juga harus melalui tahapan atau prosedur yang sangat Panjang. Dan perlu dikatahui, izin dan prosedur tersebut hanya bisa dilakukan / diajukan oleh perusahaan, alias tidak bisa dilakukan secara pribadi.

Nah terkait dengan banyaknya listing iklan di Alibaba yang menawarkan sebuah sepeda motor sport terbaru dengan harga sangat murah, maka bisa saya jelaskan bahwa kemungkinan besar ini adalah bagian dari scam. Alias modus penipuan. Dimana seller yang menawarkan sepeda motor tersebut, bukan benar benar seller yang ingin berjualan. Melainkan penipu yang menyaru menjadi penjual barang di Alibaba. Modusnya adalah dengan menawarkan barang branded internasional yang aslinya berharga mahal, lalu menawarkan barang tersebut dengan harga murah yang tidak masuk akal, memanfaatkan ketidaktahuan orang, yang menyangka bahwa barang apapun jika dijual di Alibaba menjadi murah. Mereka berdalih bahwa barang yang mereka jual dibeli langsung dari pabrik dengan harga grosir sehingga bisa menjualnya dengan murah di Alibaba. Bagi orang yang tidak paham, maka ini akan menjadi makanan empuk bagi para penipu. Tetapi bagi yang paham, maka akan berpikir logis, bahwa Namanya barang barnded, apalagi sepeda motor, itu bukan barang yang bisa dijual secara grosir. Artinya kita mau beli motor 1 unit atau 100 unit pun, harganya tetap sama. Kalaupun mendapat diskon dari pabrik, tidak akan terlalu besar. Jadi kalau ada yang menawarkan barang dengan alasan diskon harga grosir, sudah barang tentu itu tidak masuk akal dan akan berujung pada penipuan.

Penipu penipu seperti ini umumnya berlokasi di luar China, dengan menggunakan alamat Inggris, Amerika atau negara negara eropa lainnya. Walupun sebenarnya mungkin mereka tidak berlokasi disana. Dan jika ada orang yang tertarik emnghubungi mereka, maka mereka akan minta melakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang tidak disarankan, seperti transfer lanngsung baik melalui bank atau metode pngiriman uang langsung lainnya, maupun dengan bitcoin.

Jadi jika anda melihat sebuah listing yang menawarkan sepeda motor di Alibaba dengan harga murah dan tidak masuk akal, maka silahkan mengabaikan saja. Semoga bermanfaat.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

2 thoughts on “Adakah Cara Membeli Motor di Alibaba ?

Post Comment