8 Poin Tips Aman Belanja di Tokopedia
in Tokopedia

8 Poin Tips Aman Belanja di Tokopedia

 

Kegiatan jual beli online lewat marketplace dewasa ini tengah digandrungi masyarakat Indonesia. Marketplace merupakan suatu platform sebagai penghubung antara pedagang dan konsumen sekaligus berperan menjadi tempat bertransaksi dengan fitur pembayaran yang ditawarkan. Salah satu pilihan marketplace besar tanah air yaitu Tokopedia.

Tokopedia berdiri salah satu tujuannya yaitu menawarkan pengalaman berbelanja online yang aman dan nyaman kepada konsumen. Aman karena pembayaran baru diberikan ke penjual sesudah pembeli mengonfirmasi bahwa ia sudah menerima pesanan. Tokopedia sudah mengadopsi sistem OTP (one time password) sebagaimana yang diaplikasikan bank-bank besar tanah air. Jadi setiap kali konsumen bertransaksi, mereka akan mendapatkan SMS ke nomor Hp terdaftar berisi kode khusus yang harus diinput.

Meski sudah mengadopsi sistem keamanan transaksi namun sebagai pembeli sebaiknya tetap waspada. Salah satunya dengan mengikuti tips aman belanja di Tokopedia berikut ini :

Teliti reputasi penjual

Hanya berhubungan dengan situs belanja yang memang kredibel dan memiliki reputasi di bidang jual-beli online adalah hal penting lain yang harus diperhatikan. Saat akan membeli, sebaiknya kita bertanya dulu kepada mereka yang pernah berbelanja di website itu. Namun hal ini umumnya tak dihiraukan konsumen. Konsumen pun disarankan mengecek berbagai poin Syarat dan Ketentuan dari website belanja itu. Cek bahwa tak ada aturan yang membuat pembeli rugi. Dan juga data pribadi pembeli akan dijaga serta tak diberikan kepada pihak lain.

Hindari tawaran harga miring

Guna mengecek harga barang yang hendak dipesan, ada baiknya pembeli tahu rentang harga barang itu di pasaran. Dengan begitu konsumen tak akan gampang tertipu oleh lapak yang menawarkannya dengan harga miring.

Baca deskripsi produk

Saat akan memesan sebuah produk, konsumen diharuskan membaca deskripsi lengkap dari barang itu lebih dulu secara cermat. Apabila ada yang masih meragukan, segera saja menghubungi pedagangnya agar tahu lebih detail mengenai produk yang dikehendaki.

Cek data statistik toko

Konsumen dapat mengakses halaman lapak yang hendak dipesan produknya. Tekan saja nama toko di Tokopedia. Maka selanjutnya konsumen akan dibawa ke halaman toko. Kemudian klik tombol lihat statistik. Dalam halaman statistik toko, konsumen akan menemui detil produk quality sesuai rating bintang, mengetahui statistik transaksi yang diselesaikan pada rentang waktu 1 bulan, 3 bulan maupun 6 bulan. Makin tinggi rating bintang 5 dan makin banyak transaksi yang berhasil diselesaikan khususnya dalam bulan terakhir, tentu bisa dipastikan jika toko itu layak untuk dijadikan tempat berbelanja online.

Pembayaran hanya ke rekening perusahaan

Ketika bertransaksi jual-beli online, jangan mengirim uang pembayaran ke nomor rekening bank milik perseorangan. Namun gunakan website belanja yang menawarkan pembayaran ke nomor rekening perusahaan sehingga keamanannya lebih terjamin. Rekening bank tersebut lazimnya dinamakan rekening bersama (rekber) atau escrow account. Ini adalah rekening perantara antar pedagang dan pembeli. Rekening bersama akan dapat mengurangi kemungkinan terjadi penipuan. Beberapa marketplace besar di tana air seperti Tokopedia menawarkan layanan tersebut. Tips aman belanja di Tokopedia ini cukup penting untuk menjamin konsumen terhindar dari penipuan.

Teliti reputasi seller

Pembeli dapat menentukan reputasi pedagang dengan membaca review atau ulasan yang dikirimkan pembeli lain yang pernah membeli dari lapak tersebut. Apabila ulasannya tak begitu bagus, sebaiknya konsumen memilih lapak yang lain.

Kapan toko tersebut terakhir online

Tokopedia pun menyajikan data waktu terakhir penjual online. Oleh karena itu cek bahwa toko yang hendak digunakan memiliki status online di hari yang sama dengan pengecekan. Apabila konsumen membuka dari browser PC otomatis akan kelihatan online di 30 menit, 1 jam, 2 jam, 3 jam atau 4 jam yang lalu. Sementara bila konsumen membuka dari aplikasi Tokopedia maka cuma akan muncul keterangan “Hari ini”.

Cek lagi detil order

Saat akan menyelesaikan pembayaran, cek lagi jika barang yang diorder sudah betul. Kecuali itu, cek bahwa telah mengetikkan alamat dan nomor Hp yang benar. Langkah tersebut untuk menghindarkan adanya kekeliruan ketika pengiriman barang ke alamat tujuan.

Dengan mengetahui tips aman belanja di Tokopedia, konsumen akan terhindar dari penipuan yang dilakukan oleh para pedagang yang tak bertanggung-jawab. Nah, selamat berbelanja!

 

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment