8 Langkah Cara Membayar Pajak Paket Kiriman via Fedex
in Pajak

8 Langkah Cara Membayar Pajak Paket Kiriman via Fedex

 

Seperti kita ketahui bahwa jika kita membeli barang dari luar negeri atau menerima paket kiriman barang dari luar negeri, maka kita akan dikenakan pajak. Banyak yang bertanya bagaimana cara membayar pajak jika paket dikirim menggunakan Fedex ?. Nah dalam posting kali ini, mari kita membahas caranya.

Aturan pajak impor terbaru 2020

Sejak tanggal 30 Januari 2020, telah diberlakukan aturan baru tentang pajak kiriman barang dari luar negeri seperti dituangkan kedalam Peraturan Menteri Keuangan 199/PMK.10/2019. Dimana sesuai aturan ini disebutkan bahwa semua barang kiriman dari luar negeri dengan harga diatas $3 akan dikenakan pajak dan bea masuk. Adapun garis besar pajak yang dipungut adalah sebagai berikut :

  • Kategori Barang umum akan dikenakan pajak sekitar 17.5 %
  • Kategori Sepatu akan dikenakan pajak sekitar 42.5 –  50 %
  • Kategori Tas akan dikenakan pajak sekitar 32.5 – 40 %
  • Kategori Pakaian atau Textile dikenakan pajak sekitar 32.5 – 45 %

Apakah barang kiriman melalui Fedex dikenakan pajak ?

Sesuai peraturan menteri keuangan tersebut dias, maka pajak dikenakan atas barang kiriman dengan harga diatas $3. Jadi dengan metode pengiriman apapun, jika harga barang melebihi $3 akan dikenakan pajak, termasuk barang yang dikirim melalui Fedex.

Cara membayar pajak barang kiriman via Fedex

Untuk menjawab bagaimana cara membayar pajak atas paket kiriman luar negeri yang dikirim melalui fedex, berikut adalah langkah langkahnya :

  1. Setelah seller mengirimkan barang maka, kita bisa minta informasi tracking number kepadanya. Tracking number itu semacam no resi jika kita mengirim paket di dalam negeri. Dengan berbekal tracking number tersebut kita bisa melaca perjalanan paket melalui web fedex.com. Bisa menyimak caranya disini : Cara melacak paket kiriman dari luar negeri
  2. Saat paket masuk ke Jakarta, maka pihak Fedex akan melakukan langkah koordinasi dengan bea cukai untuk penetapan pajak dan bea masuknya
  3. Kemudian, pihak Customer service fedex akan menghubungi kita. Biasanya melalui telpon atau email yang diberikan seller. Customer service akan memberitahu jumlah pajak dan bea masuk serta cara melakukan pembayaran melalui email. Di email itu kita bisa melihat perincian pajak, bea masuk, dan biaya admin fee fedex, serta bagaimana cara melakukan pembayaran pajak, yaitu memlaui transfer ke rekening perusahaan Fedex di Indonesia.
  4. Setelah menerima tagihan, kita bisa melakukan pembayaran sesuai petunjuk di email. Lalu memberikan konfirmasi pembayaran pajaknya, dengan melakukan reply ke email tersebut.
  5. Selanjutnya pihak Fedex akan mengirim paket ke alamat kita. Jika alamat pengiriman masuk kedalam area delivery mereka, maka akan langsung dikirimkan oleh kurir Fedex. Tetapi jika berada diluar area delivery, maka akan dikirimkan menggunakan ekspedisi rekanan fedex, dan biaya kirim dibebankan kepada kita, serta dibayar bersamaan dengan pembayaran pajaknya.
  6. Ketika kita melacak paket kita sudah masuk Jakarta, tetapi kita belum menerima pemberitahuan dari CS Fedex, maka kita bisa melakukan jemput bola dengan berusahan menghubungi CS nya di Nomor : ( Call Center Fedex Indonesia )
  7. Selain pajak, kita juga akan dikenakan biaya tambahan yaitu Biaya admin atau bank fee atas pengurusan pajaknya. Besarannya akan ditentukan oleh Fedex.
  8. Seperti hanya Cara pembayaran pajak dengan DHL, jika kita terlambat melakukan pembayaran pajak dalam batas waktu tertentu, maka kita akan dikenakan biaya penyimpanan barang di gudangnya sesuai peraturan yang berlaku di fedex.

Demikianlah 8 langkah sebagai cara membayar pajak paket kiriman barang dari luar negeri yang dikirim menggunakan Fedex.  Jika ada pertanyaan mengenai hal ini, silahkan menulis dikolom komentar atau bisa menghubungi kami via KONTAK. Semoga bermanfaat. Salam.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment