7 Bank Digital Yang Beroperasi di Indonesia
in Bank

7 Bank Digital Yang Beroperasi di Indonesia

Pertengahan tahun 2021 lalu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerima permintaan pendaftaran 7 bank digital agar dapat beroperasi di Indonesia. Dengan begitu itu akan menambah daftar bank digital Indonesia menjadi 12 sebab sebelumnya sudah ada 5 bank digital yang mendapatkan ijin dan mulai beroperasi.

Daftar 7 bank digital Indonesia baru itu meliputi PT BRI Agroniaga Tbk, Bank BCA Digital, PT Bank Neo Commerce Tbk, PT Bank Harda Internasional Tbk, PT Bank Capital Tbk, PT KEB HanaBank, dan PT Bank QNB Indonesia Tbk. Sedangkan 5 bank yang telah resmi sebagai bank digital terdiri dari : Wokee dari Bank Bukopin, Jenius dari Bank BTPN, Digibank dari Bank DBS, Jago dari Bank Jago dan TMRW dari Bank UOB.

Adanya penggantian model bisnis bank tadi tak serta merta mengharuskan OJK mengeluarkan standar ijin baru yang beda dengan yang sudah ada. Karena, pada prinsipnya semua standar ijin untuk tiap bank tetap harus sesuai. Jadi perizinannya masih menggunakan aturan bank umum atau BPR.

OJK melaporkan jika terdapat 3.074 kantor cabang bank umum yang ditutup dari tahun 2015 hingga Maret 2021. Itu karena adanya pertumbuhan angka transaksi digital yang dilakukan nasabah. Situasi itu mengakibatkan banyak bank rontok yang mengharuskan menutup kantor cabang yang dimiliki. Pertumbuhan jumlah transaksi digital bank misalnya dialami bank BRI dimana transaksi internet bankingnya meningkat hingga 132,2 % hingga Desember 2020 yoy. Berikut 7 bank digital beserta fitur-fiturnya :

Blu dari Bank BCA

Aplikasi Blu menghadirkan kemudahan dalam layanan, terhubung ke sistem BCA, gratis biaya admin, gratis fee transfer ke rekening BCA lain. Di samping itu juga gratis fee transfer ke rekening bank lain. Lalu untuk isi ulang saldo Gopay pun ditawarkan sampai 20 kali per bulan untuk 2 bulan pertama dari tanggal pembukaan rekening.

Jago dari Bank Jago

Bank digital ini menghadirkan fasilitas pemisahan dana untuk menabung dan juga pembayaran. Jago pun menawarkan besaran bunga sampai 4,25 % apabila nasabah menyimpan uangnya dalam menu Kantong Terkunci.

SeaBank dari Bank SeaBank Indonesia

Dihadirkan guna memfasilitasi kebutuhan keuangan dari menabung sampai transaksi perbankan yang lain. Bank digital Indonesia yang satu ini menawarkan bunga simpanan hingga 7 % per tahun, bebas minimal saldo sekaligus gratis fee penarikan setiap saat.

Jenius dari Bank BTPN

Bank digital persembahan Bank BTPN ini menghadirkan berbagai fasilitas kepada para nasabah. Tidak cuma kuota bebas transfer maupun pengambilan di ATM mana pun, Jenius pun menyediakan diskon hingga Rp500 ribu untuk para nasabah yang melakukan pembelian online maupun yang memanfaatkan layanan telemedicine dari aplikasi Jenius. Mengaplikasikan antarmuka aplikai yang nyaman, Jenius pun menghadirkan menu split bill dan fitur menabung (Save It).

Neobank dari Bank Neo Commerce

Neobank menawarkan antarmuka aplikasi ramah pengguna yang akan membuat kebutuhan perbankan makin efisien sekaligus aman. Kecuali itu, cuma perlu beberapa menit dalam membuat rekening via online. Menu Tabungan Neo Wow misalnya akan menawarkan bunga sampai 6 % per tahun yang asyiknya akan diberikan tiap hari. Sedangkan untuk deposito, bank digital ini akan memberikan bunga sampai 8 % per tahun. Fasilitas andalan yang lain berupa bebas biaya transfer ke rekening mana pun berkali-kali meski nominalnya besar.

TMRW dari Bank UOB

Bank digital yang satu ini dipersembahkan oleh bank UOB yang akan memudahkan nasabah membayar tagihan dengan memberikan notifikasi pengingat. TMRW pun memberikan banyak macam cashback saat nasabah melakukan belanja online di sejumlah e-commerce.

Digibank dari Bank DBS Indonesia

Bank DBS pun menghadirkan bank digital andalannya yang berguna untuk proses transfer yang mudah. Nasabah bisa menggunakan gratis biaya transfer ke rekening bank mana pun yang minimal nominalnya mulai Rp1 juta. Kecuali itu, nasabah pun bisa melakukan transaksi pengiriman uang ke luar negeri dengan pilihan 20 negara.

Wokee+ dari Bank Bukopin

Bank digital ini menawarkan fasilitas transfer antar nasabah Wokee+ tanpa perlu nomor rekening, hanya menggunakan nomor hp saja. Nasabah pun dapat melakukan pembayaran menggunakan kode QR, membayar tagihan listrik dan banyak lainnya. Kini, Wokee pun telah ditambahkan menu cardless withdrawal atau mengambil uang tunai tanpa menggunakan kartu di sejumlah merchant partner.

 

 

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment