16 Langkah Cara Belanja Barang di Aliexpress Bayar Via Alfamart Lengkap

 

Cara belanja barang di aliexpress saat ini semakin mudah. Karena kita di Indonesia bisa langsung membeli barang dan melakukan pembayaran melalui alfamart. Jadi bagi teman teman yang ingin membeli barang murah dari China melalui aliexpress tetapi tidak memiliki kartu kredit atau sarana pembayaran lainnya, bisa memilih opsi ini. Disamping mudah karena bisa dilakukan di minimarket yang sekarang banyak bertebaran dimana mana, juga praktis karena harga sudah langsung dihitung dalam mata uang Rupiah.

Barang apa yang bisa kita beli di aliexpress

Seperti kita ketahui, aliexpress adalah anak perusahaan Alibaba group yang lebih mengkhususkan diri dalam penjualan secara retail atau partai sedikit. Atau dalam istilahnya mempertemukan antara Produsen dan supplier besar di China dengan pembeli di seluruh dunia.

Ada banyak sekali barang, mungkin jutaan bahkan milyardan jenis barang unik, kreatis dan murah dari China dijual melalui platform aliexpress. Di sana kita bisa membeli berbagaimacam barang kebutuhan pribadi, barang kebutuhan sekolah, kantor, rumah tangga, elektronik dan lain lain.

Kita mungkin bisa mencoba barang barang yang ada disekitar kita, paling mudah kita lihat saja dari mulai casing hp, anti gores hp, kabel data dll, itu semua merupakan barang buatan China, dan kita bisa membelinya dari aliexpress, baik untuk dipakai sendiri maupun dijual lagi. Untuk melihat barang apa saja yang dijual, silahkan teman teman langsung masuk ke web aliexpress, nanti akan menemukan barang barang unik dengan harga yang sangat menarik.

Mendaftar akun di aliexpress

Sebelum membeli barang di aliexpress, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mendaftar akun di aliexpress, adapun langkah langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Masuk ke halaman aliexpress.com, klik pada “Join’ lalu “Join free”
  2. Masukkan email dan password, lalu geser Slider ke arah kanan sampai penuh, dan klik “create account”
  3. Setelah muncul window seperti dibawah ini, maka akun aliexpress sudah bisa digunakan

cara-mendaftar-di-aliexpress

Cara belanja barang di aliexpress bayar via alfamart

Berikut adalah langkah cara belanja yang bisa ditempuh

  1. Login ke akun aliexpress
  2. Cari barang yang mau dibeli, melalui kolom searching di aliexpress. Tulis nama barang dalam Bahasa Inggris, lalu klik Search
  3. Setelah keluar hasil pencariannya, silahkan pilih salah satu barang yang mau dibeli. Klik di fotonya, sehingga keluar halaman iklan barang tersebut
  4. Di halaman iklannya, kita bisa klik melalui tomboh “Buy Now” jika ingin langsung melakukan pembelian barang tersebut. Atau bisa klik “Add to chart” jika ingin memasukkan barang ke dalam keranjang belanja, dan jika kita ingin menambahkan barang lain.
  5. Dalam contoh ini, kita langsung melakukan klik “Buy Now”. Maka akan muncul halaman baru
  6. Isikan nama, alamat lengkap, No telepon, lalu klik “Confirm”
  7. Langkah selanjutnya adalah memilih metode pembayaran. Silahkan klik pada logo “DOKU”
  8. Silahkan review ulang halaman ini, Mulai dari nama, alamat, barang yang mau dibeli, harga, ongkos kirim dan total yang harus dibayar. Jika sudah benar klik “Place order”
  9. Klik pada ikon “Minimart”, maka anda akan menemukan halaman seperti ini :

 

cara-belanja-di-aliexpress-dengan-alfamart

 

Disini kita bisa melihat nilai Rp yang harus dibayar. Serta beberapa aturan yang harus kita ikuti. Yaitu :

  • Kita harus membayar maksimal 12 jam kedepan, untuk menghindari perubahan harga
  • Invoice ini berlaku 5 hari. Jika dalam 5 hari tidak dibayar, maka akan otomatis dibatalkan aliexpress
  • Batas maksimal pembelian barang melalui alfamart adalah Rp. 5 juta rupiah
  1. Selanjut klik “Get Payment Code”, maka akan menemukan halaman seperti ini :

cara-belanja-di-aliexpress-dengan-alfamart-2

11. Silahkan bawa kode ini ke Alfamart atau Alfamidi, Lawson atau DanDan. Lalu bilang ke kasir bahwa kita mau membayar tagihan pembayaran di aliexpress dengan kode tersebut. Setelah selesai melakukan pembayaran, simpan bukti pembeliannya. Dan transaksi sudah selesai.

12. Setelah kita melakukan order, langkah selanjutnya adalah kita menunggu paket dikirimkan oleh seller. Setelah dikirim , maka kita bisa melakukan pelacakan paket, dengan tracking number yang disediakan oleh seller.

13. Cara mengetahui tracking number, silahkan login ke akun aliexpres, lalu masuk ke My Orders

14. Setelah masuk ke My orders, silahkan pilih order mana yang mau di cek. Lalu klik “View Detail”

 

cara-belanja-di-aliexpress-dengan-alfamart-3

 

15. Lalu lihat di bagian “Logistic Information”, maka disitu kita bisa melihat informasi tracking number serta metode pengiriman yang dipakai. Dalam contoh ini, paket dikirim menggunakan “aliexpress Standard shipping” yang nantinya terhubung dengan kantor pos di Indonesia.

 

cara-belanja-di-aliexpress-dengan-alfamart-4

 

16. Setelah sampai Indonesia, maka kita harus membayar pajak sesuai dengan aturan yang berlaku. Silahkan menyimak caranya disini : Cara menghitung pajak impor terbaru Januari 2020

Website pelacakan paket aliexpress

Berikut adalah beberapa website yang digunakan untuk cara melacak atau tracking paket kiriman dari aliexpress :

  1. Jika dikirim melalui kantor pos, bisa dilacak di web : ems.posindonesia.co.id
  2. Jika dikirim dengan aliexpress standard shipping bisa ke web : ems.posindonesia.co.id atau 17track.net
  3. Jika menggunakan Fedex ke web com
  4. Jika menggunakan dhl ke web : dhl.com
  5. Jika menggunakan TNT bisa ke web tnt.com atau fedex.com
  6. Jika menggunakan Aramex, maka bisa di trace ke web Aramex.com
  7. Jika menggunakan UPS, maka bisa masuk ke web ups.com

Kekurangan pembayaran melalui Alfamart

Membayar tagihan belanja di aliexpress melalui alfamart memang membuatnya menjadi mudah dan praktik, karena kita tidak perlu memiliki kartu kredit atau metode pembayaran lain. Tinggal klik buy, lalu setelah mendapatkan kode pembayaran, tinggal datang ke alfamart / alfamidi / Lawson / dan dan, lalu melakukan pembayaran melalui teller, dan order bisa dilakukan.

Tetapi disamping kemudahan dan kepraktisannya, pembayaran melalui alfamart ini juga ada kekurangannya, yaitu apabila order kita mengalami masalah, misalnya di Closed oleh system security di Alibaba, atau jika seller gagal mengirimkan barang, atau barang hilang dalam perjalanan, atau kejadian lain yang mengakibatkan kita mendapatkan refund, maka kita akan kesulitan mengambil uangnya kembali. Berbeda dengan cara pembayaran menggunakan kartu kredit, dimana apabila terjadi refund, maka uangnya secara otomastis akan kembali ke rekening kartu kredit yang kita gunakan untuk melakukan pembayaran.

Nah demikianlah pembahasan kita tentang 16 langkah cara belanja di aliexpress dan melakukan pembayaran melalui alfamart. Jika ada pertanyaan, silahkan menulis dikolom komentar. Atau jika teman teman ingin membeli barang tetapi bingung tidak tau caranya, bisa menghubungi saya. Nanti saya bantu pembeliannya dengan skema jasa beli aliexpress yang saya sediakan. Saya siap membantu teman teman memberli barang secara mudah, aman dan bergaransi uang kembali. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *