11 Langkah Cara Belanja di Lazada via Aplikasi HP

 

Membeli online termasuk di e-commerce Lazada saat ini lebih praktis berkat tersedianya aplikasi mobile. Aplikasi Lazada di ponsel akan memungkinkan pembeli dalam membeli produk idaman hanya dengan beberapa kali ketukan.  Lazada, adalah salah satu pemain penting situs belanja online di tanah air saat ini. Dalam platform ini penjual dan pembeli berada dalam satu tempat untuk bertransaksi. Cara belanja di lazada via aplikasi hp cukup dengan beberapa langkah mudah berikut ini.

Lazada dikuasai oleh raksasa situs jual beli asal China, Alibaba. Situs Lazada di-launching Maret 2012 yang menganut model bisnis menyetok barang dalam gudang milik sendiri yang lalu dipasarkan secara online. Perkembangan selanjutnya, penjual dari luar pun boleh menjajakan barang dagangan di rak etalase Lazada yang saat ini sudah ada di beberapa negara asia tenggara mulai dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan juga Vietnam. Konon Lazada hendak menjiplak gaya bisnis retail online terbesar dunia yaitu Amazon namun khusus untuk wilayah Asia Tenggara. Amazon sendiri sepertinya tak begitu intens membidik pasar asia tenggara.

Cara belanja di lazada via aplikasi hp 1

Cara belanja di lazada via aplikasi hp

Langkah-langkah mudah yang harus dilakukan pembeli adalah sebagai berikut :

  1. Pasang dulu aplikasi Lazada di ponsel Anda setelah sebelumnya diunduh dari Play Store untuk Hp Android.
  2. Selanjutnya buka sebagaimana membuka aplikasi lain di Hp. Registrasi untuk mendapatkan akun lebih dulu, boleh memakai akun Gmail maupun Facebook. Proses pendaftaran ini hanya memerlukan waktu sebentar saja.
  3. Begitu akun Lazada dimiliki, kini waktunya Anda memilih sendiri produk atau jasa yang hendak dipesan.
  4. Sesudah memilih, jangan dulu langsung mengetuk tombol Beli. Mula-mula, cek jika produk itu memang masih ada. Langkah yang harus dilakukan adalah mengirim pesan melalui fitur chat kepada seller lebih dulu. Harus dipahami, jika tak setiap barang yang ditawarkan di Lazada sudah ada di seller. Kebanyakan produk itu disediakan pihak ketiga. Oleh karena itu, sampaikan pesan ke penjual dengan ketuk ikon Chat Seller kemudian pada kolom yang tersedia, ketikkan pertanyaan. Sesudah memperoleh jawaban jika memang barang masih ready silahkan sentuh tombol Beli Sekarang. Boleh juga dengan ketuk ikon Tambah ke Troli jika Anda hendak membeli item lain.
  5. Tentukan warna dan juga ukuran produk bila memang tersedia, kemudian ketuk kembali ikon Beli Sekarang.
  6. Hingga langkah ini, ketuk simbol + Alamat guna melengkapi alamat pengiriman. Umumnya itu cuma ditampilkan bagi pembeli baru. Sementara bila sudah pernah berbelanja, Anda cuma menemukan menu untuk mengganti alamat bila telah pindah alamat atau akan membelikan barang untuk orang lain.
  7. Berikutnya ketuk Tambah alamat baru. Pengguna boleh menambahkan lebih dari satu alamat pengiriman di akun Lazada. Pada saat membeli barang dan checkout, pembeli tinggal memilih salah satu alamat yang sudah dimasukkan itu sebagai alamat pengiriman pesanan.
  8. Lengkapi data alamat dengan benar dan lengkap. Berikan penanda, apakah alamat yang dimasukkan itu alamat kantor atau rumah, lalu ketuk tombol Simpan. Tentukan jasa pengiriman barang yang diinginkan seperti LEL Express, JNE, Ninja Express, Go Send, Si Cepat Express, dan Grab.
  9. Langkah berikutnya, ketuk ikon Buat Pesanan. Pembeli akan dibawa menuju laman pembayaran, tentukan cara pembayaran yang paling praktis. Bilamana menggunakan pilihan transfer, tentukan pula bank yang hendak digunakan. Paling akhir ketuk tombol Konfirmasi Pesanan.
  10. Anda harus menyelesaikan pembayaran menurut jumlah yang tercantum dalam aplikasi. Setelah pembayaran, Anda tak usah mengkonfirmasi sebab mekanisme Lazada otomatis sudah melakukannya. Namun bila hingga 24 jam usai transaksi tak diterima konfirmasi melalui email, sebaiknya Anda segera menelepon layanan pelanggan Lazada guna memastikan transaksi sudah ditindaklanjuti.
  11. Saat pesanan mulai dikirimkan ke pemesan, pembeli akan mendapatkan nomor resi atau airway bill. Untuk mengecek nomor resi, sign-in ke akun Lazada yang dimiliki. Ketuk tombol Akun, bila pesanan sudah ditindaklanjuti ke tahap pengiriman. Ditampilkan pemberitahuan dalam menu Dalam Pengiriman. Ketuk menu Dalam Pengiriman atau dapat juga dengan ketuk tombol Lihat Semua Pesanan. Saat Anda sudah menemukan pesanan yang hendak dilacak, ketuk simbol warna hijau di samping kanan yang akan menampilkan rincian pengiriman. Di layar Detail Pengiriman, Anda bisa mengetahui nama perusahaan ekspedisi dan kode resi, sekaligus tanggal perkiraan pengiriman. Bila ingin mengecek status pengiriman, ketuk tombol Selengkapnya. Ada beberapa kemungkinan keterangan ditampilkan yaitu : Siap dikirim, di-pickup oleh jasa pengiriman, upaya pengiriman, proses pengiriman, atau terkirim. Mohon dipahami kalau pesanan yang dilakukan adalah produk yang dikirim dari luar negeri, biasanya lama pengiriman membutuhkan waktu antara 21- 55 hari. Jadi Anda harus bersabar.

 

Membayar pesanan Lazada di Indomaret dan Alfamart

 

Cara belanja di lazada via aplikasi hp 2

Termasuk salah satu kenyamanan saat berbelanja di Lazada adalah hadirnya mode pembayaran di minimarket. Indomaret dan Alfamart adalah dua minimarket yang dapat digunakan. Pilihan ini akan memudahkan para pembeli yang memang terkendala dengan metode pembayaran via transfer atau kartu kredit. Prosedur membayar di Indomaret atau Alfamart sangat mudah, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Di halaman Pilih Metode Pembayaran, ketuk pada Indomaret atau Alfamart, lalu ketuk ikon “Buat Pesanan Sekarang”.
  • Halaman selanjutnya akan menunjukkan mengenai prosedur pembayarannya. Untuk itu pembeli harus mencatat data yang diperlukan dalam menindaklanjuti pembayaran misalnya total yang mesti dibayar, kode bayar, maupun batas paling akhir pembayaran. Batas waktu bagi pembeli melakukan pembayaran biasanya adalah 24 jam. Setelah itu kode bayar tak bisa digunakan lagi dan harus mengajukan yang baru.
  • Datang ke gerai Indomaret atau Alfamart terdekat, serahkan kode bayar yang tadi dicatat. Pihak kasir akan memprosesnya dan pembeli tinggal membayar sesuai dengan total yang tertera dalam aplikasi. Akan ada tambahan biaya Rp.2.500 sebagai biaya kepada pihak minimarket.

Prosedur pengembalian produk Lazada

Bilamana barang yang diterima ternyata keliru, Anda boleh mengembalikannya berdasarkan alamat pengiriman yang ditampilkan ketika Anda melengkapi form pengembalian online dalam aplikasi Lazada. Pihak Lazada akan menindaklanjuti pengembalian dana sesudah barang diterima di alamat pengembalian barang tadi. Guna menyegerakan mekanisme pengembalian maka pembeli disarankan untuk melakukan pengemesan barang menggunakan kemasan aslinya termasuk seluruh pernak-pernik serta bukti pembelian.

Bila menggunakan fitur drop off, pembeli tak akan dikenakan biaya pengiriman. Drop off yaitu fitur pengantaran barang yang hendak dikembalikan di gerai perusahaan pengiriman. Sebelum mengembalikan produk pembeli diharuskan ebijakan pengembalian dan melengkapi formulir pengembalian yang sudah disediakan dalam aplikasi Lazada. Untuk layanan drop off ini ada ketentuan yang harus dipenuhi misalnya bila menggunakan JNE Cashless maka berat barang tak boleh melebihi 15 kg dengan tinggi tak boleh 70 cm. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *