Skema Pengiriman Barang Melalui Global Shipping Program eBay

Seperti kita ketahui, untuk mempermudah seller ebay di Amerika mengirimkan barang ke seluruh dunia, ebay menyediakan fasilitas Global Shipping Program. ( silahkan baca : Global shipping program di ebay ). Program ini ditujukan untuk mempermudah seller ebay yang berdomisili di Amerika atau memiliki barang yang berlokasi di Amerika, dalam mengirimkan barang ke seluruh penjuru dunia. Banyak seller ebay yang tidak memiliki pengetahuan cukup mengirimkan barang internasional. Atau mereka paham tentang aturan pengiriman barang internasional, tetapi tidak mau repot mengurusnya. Nah dengan Global Shipping program inilah, masalah itu bisa diatasi.

Lalu bagaimana skema penggunaan dan pengiriman barang melalui Global Shipping program ini ?. Berikut adalah jawabannya :

  1. Ketika seller melakukan listing sebuah barang, maka dia akan memilih fasilitas ini di ebay. Dan ketika listing barang tersebut telah muncul , maka system ebay akan mengkalkulasi ongkos kirim sekaligus import charges (pajak dan bea masuk) secara otomastis berdasarkan lokasi pembelinya
  2. Saat buyer membeli barang tersebut, maka buyer akan membayar harga barang, ongkos kirim dan import charges ( serta memberitahukan alamat pengiriman )
  3. Sistem ebay akan memberitahu seller untuk mengirimkan barangnya ke ebay Shipping Centre di Amerika
  4. Selanjutnya ebay Shipping centre akan menyiapkan paket, memberikan label shipping address anda, mengurus pembayaran pajaknya dan mengirimkan paket ke alamat anda
  5. Umumnya paket akan dikirim menggunakan jasa pengiriman Fedex

Jadi dalam system ini, seller tidak langsung mengirimkan paket ke alamat pembeli seperti yang berlaku dalam system biasa. Ebay shipping centre lah yang mengirimkan paket ke alamat anda. Beberapa hal yang perlu anda ketahui sehubungan dengan system Global Shipping Program adalah :

  1. Kita sudah membayar pajak dimuka, jadi tidak perlu membayar pajak lagi saat barang datang
  2. Berapapun nilai barang yang kita beli, kita diharuskan membayar pajak. Hal ini berbeda dengan system biasa, dimana pajak hanya ditetapkan untuk barang / paket dengan harga diatas $ 100.
  3. Pengiriman ke Indonesia menggunakan Fedex, jadi pastikan bahwa alamat yang kita gunakan berada dalam cakupan wilayah pengantaran Fedex. Jika tidak, maka kita akan dikenakan charge tambahan pengiriman paket dari perwakilan Fedex terdekat ke alamat kita menggunaan kurir pengiriman paket local (biasanya pandu siwi sentosa).

Demikianlah skema penggunaan dan pengirimn barang dari ebay yang dikirim dengan metode Global Shipping Program.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *