Skema Jasa Forwarder Dalam Pengiriman Barang dari Alibaba

Bagaimana skema forwarder dalam pengiriman barang yang dibeli dari Alibaba, kami jelaskan dalam artikel ini.

Dalam cara belanja di Alibaba, teman teman sering mendengar tentang cara pengiriman menggunakan skema jasa forwarder. Apa dan bagaimana sih yang dimaksud dengan skema forwarder barang dari Alibaba itu ?

Ok kita bahas dalam artikel kali ini ya.

Forwarder secara sederhana dapat dijelaskan sebagai sebuah perusahaan yang melayani pengiriman barang antar negara. Nah kaitannya dalam pengiriman barang dari Alibaba yang mostly dari China, selain mengurus pengiriman barang, pihak forwarder juga akan mengurus semua hal yang berkaitan dengan Izin impor, pengurusan di pabean (bea cukai), pembayaran pajak, dan lain lain. Jadi dengan mengirim barang menggunakan forwarder, maka kita akan mendapatkan kemudahan dan kepraktisan, karena semua sudah diurus oleh mereka dan kita tinggal menunggu barang sampai alamat kita dengan aman.

Secara garis besar ada dua jenis skema forwarder dilihat dari metode pengirimannya, yaitu :

  1. Forwarder Udara, dimana dalam pengirimannya menggunakan pesawat udara. Umumnya makan waktu sekitar 2 mingguan dalam keadaan normal.
  2. Forwarder Laut, dimaka dalam pengirimannya menggunakan Kapal Laut. Umumnya makan waktu sekitar 4-6 mingguan dalam keadaan normal.

Lalu bagaimana proses kerja atau langkah-langkah pengiriman menggunakan skema forwarder ?

Secara garis besar, Langkah-langkahnya seperti saya jelaskan berikut ini :

  1. Barang kita beli dan dikirim oleh penjual ke alamat gudang forwarder di China. Umumnya di Guangzhou, Shanghai, Shenzhen
  2. Pihak forwarder menerima barang kiriman, lalu mengurus pergudangan di China. Selanjutnya mengirimkan paket ke Indonesia (Umumnya ke Jakarta). Sesui metode pengiriman yang dipilih.
  3. Setelah barang sampai Indonesia, forwarder akan mengurus hal hal yang berkaitan dengan importasinya. Seperti izin impor, pajak dan bea lain yang mungkin timbul
  4. Setelah selesai pengurusan pabean, paket akan dikirimkan ke alamat customer

Pertanyaan yang sering muncul adalah, dimana kita mencari jasa forwarder ? Apakah di China atau di Indonesia ?

Tentunya kita mencari forwarder di Indonesia. Cari perusahaan forwarder yang melayani jalur pengiriman dari China ke Indonesia.

Caranya ? Bisa melalui googling. Nanti akan banyak ditemukan perusahaan forwardernya.

Apakah semua perusahaan forwarder itu terpercaya ?

Hmm kami tidak bisa berkomentar soal ini. Jika teman teman sudah menemukan perusahaannya, silahkan kontak mereka. Jika perlu, silahkan cek repuasi mereka. Kunjungi forum forum diskusi online atau sosmed, seringkali orang membahas soal forwarder disana.

Atau kalau teman teman bingung harus mencari dimana dan mana forwarder yang terpercaya, silahkan menghubungi kami, nanti kami bantu pengiriman barangnya menggunakan forwarder kami. Kami menyediakan jasa forwarder barang dari Alibaba atau marketplace lainnya di China. He he he sekalian promosi ah.

Demikianlah skema forwarder dalam pengiriman barang dari China. Artikel selanjutnya silahkan disimak tentang Kenapa harus menggunakan skema forwarder dan Keuntungan Menggunakan Skema Forwarder. Terima kasih telah berkunjung, dan semoga kita selalu diberikan kesehatan dan keselamatan, aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *