Pengalaman Pertama Belanja Di Ebay

Pengalaman pertama kali berbelanja di ebay ini terjadi dua minggu sebelum pengalaman belanja di liexpress yang kemaren saya share.

Saya mengenal ebay pertama kali pada tahun 2006. Waktu itu di Indonesia sedang ramai-ramainya orang “bermain” tanaman hias. Demikian juga dengan saya yang memang suka dengan sanseviera.

Kesukaan saya itu berlanjut dengan mengikuti sebuah mailling list tentang sanseviera. Disana moderator milis mengenalkan sebuah buku tentang sanseviera. Dan karena buku itu hanya dijual di amerika, maka yang ingin membeli buku tersbeut, bisa melakukannya melalui ebay.

Dari situlah saya mulai suka melihat-lihat apa saja yang dijual di ebay. Tetapi masih belum kepikiran untuk membeli barang dari sana.

Setahun kemudian, saya menemukan hobby baru yang saya tekuni hingga sekarang. Yaitu koleksi diecast ( miniatur mobil dalam skala kecil ).

Kesukaan saya pada diecast yang langka, membuat saya teringat lagi pada situs ebay.com. Malam hari sepulang kerja saya mulai browsing diecast yang di Indonesia sangat jarang ditemukan dan harganya lumayan mahal. Dan voila, saya menemukan banyak diecast incaran saya disana.

Seketika itu juga saya mencoba membeli sebuah diecast yang saya incar. Dan saya mencoba membeli sebuah diecast seharga $ 8 dengan ongkos kirim $ 2, dari seller asal Taiwan.

Pertama saya register akun baru di ebay. Setelah itu melakukan Buy It Now pada diecast yang saya incar tadi. Setelah mengisikan nama, alamat dan nomor telepon, giliran melakukan pembayaran.

Kebetulan saya telah memiliki akun paypal verified sejak Mei 2006 . Walaupun jarang dipakai he he.

Setelah masuk ke halaman payment paypal, saya isikan username (email) dan password. Setelah itu muncul halaman rekonfirmasi. Dan setelah saya klik Pay. Transaksi selesai.

Sesaat kemudian saya menerima email dari paypal, yang menyatakan bahwa saya telah membeli sebuah item di ebay menggunakan paypal, lengkap dengan keterangan alamat pengiriman, barang yang dibeli, harga serta ongkos kirimnya.

Disini saya masih bertanya-tanya, apakah seller dari taiwan tidak akan menipu ?

Tapi karena sebelumnya saya sudah paham dengan skema pembayaran menggunakan paypal, maka kekhawatiran itu agak berkurang.

Empat hari kemudian, saya mendapat email dari ebay tentang konfirmasi bahwa paket sudah dikirim seller. Dan sesuai informasi seller, paket dikirim menggunakan economic shipping, jadi tidak tersedia tracking number.

Ya sudahlah, sabar saja. Begitu dalam hati saya.

Dan benar setelah 24 hari menunggu, akhirnya paket datang dengan selamat. Sayangnya seller mengirim paket menggunakan amplop yang di dalamnya terdapat buble tipis. Jadinya card pada diecast saya mengalami banyak tekukan.

Tapi bagaimanapun, saya senang dan cukup puas dengan pengalaman pertama saya belanja barang di ebay. Dan sampai sekarang diecast tersebut saya simpan, sebagai kenang-kenangan barang pertama yang saya beli dari ebay.

Karena pengalaman belanja pertama di ebay itulah, saya bisa memiliki usaha jasa order pembelian ebay yang alhamdulillah terus berkembang hingga saat ini.

Baca juga : Pengalaman pertama belanja di aliexpress

87 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *