Oppo Reno 2 Kesempurnaan Fitur Kamera

Oppo memiliki produk andalan terbaru, Oppo Reno 2 meyakinkan di hampir semua hal termasuk kualitas foto yang sangat baik. Kombinasi quad camera menjadi salah satu andalan Oppo Reno 2 menarik hati konsumen utamanya generasi milenial. Tentu saja bukan hanya kamera yang diandalkan, beberapa spesifikasi Oppo Reno 2 yang utama pun cukup ciamik. Mari kita lihat lebih lanjut dalam ulasan berikut ini.

Desain Nan Cantik

Desain Oppo Reno seri pertama terkenal rapi. Jadi masuk akal bahwa penggantinya pun menganut penampilan yang sama. Oppo Reno 2 terlihat cantik dan kokoh dengan bahan kacanya mampu memberikan tampilan mewah. Di bagian depan adalah lapisan kaca Gorilla Glass 6 dan di bagian belakang adalah kaca Gorilla Glass 5. Framenya sangat kokoh sebab dibuat dari material aluminium yang ringan namun solid. Pengguna akan memiliki perasaan jika mereka memiliki sesuatu yang berharga di tangan. Cukup disayangkan bahwa perangkat ini tak mengantongi sertifikat IP68 sehingga tidak tahan debu dan air, tidak seperti banyak pesaingnya.

Namun, Reno 2 tak mau kompromi dengan hal kualitas layar. Perangkat ini mengusung layar tipe Amoled dengan ukuran jumbo 6,5 inci yang memenuhi hampir seluruh area depan. Bezel tepian layar hampir tidak terlihat. Resolusinya pun tajam 2400 x 1080 piksel sehingga menjadikan smartphone ini sangat ideal untuk menonton video dan bermain game. Pengguna juga tidak menjumpai lekukan di layar: kamera selfie ada di dalam bodi dengan teknologi Motorized Pivot Rising Camera. Namun pengguna harus menunggu beberapa saat sebelum kamera selfie muncul.

Dapur Pacu Cukup Cepat

Berkat penampilan mewahnya, pengguna mungkin lupa jika sebenarnya Oppo Reno 2 adalah ponsel kelas menengah. Pengguna mungkin hanya akan mengetahuinya jika mereka mengintip daftar spesifikasi. Perangkat ini mengusung chipset Snapdragon 730G dari Qualcomm, yang bukan merupakan seri terbaik dari yang terbaik. Dalam kisaran harga Reno 2 ada ponsel merek lain dengan prosesor yang lebih baik. Namun, bagi kebanyakan orang ini mungkin bukan masalah. Tugas sehari-hari seperti WhatsApp, jejaring sosial, Netflix, dan YouTube dapat diatasi Snapdragon 730G dengan mudah. Game juga bisa dimainkan dengan baik. Misalnya, game Call of Duty: Mobile bisa berjalan dengan mulus. Satu-satunya kekurangan mungkin kenyataan perangkat akan memanas untuk pemakaian dalam waktu lama.

Di sisi lain, berkat ukuran RAM-nya yang 8GB tidak ada masalah sama sekali saat pengguna menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan. Juga, dengan kapasitas penyimpanan internal 256GB pengguna tidak akan mengalami masalah jika misalnya ingin mengunduh film dan seri Netflix untuk diputar secara offline. Bila dapur pacu adalah pertimbangan utama, Oppo Reno 2 bukanlah pilihan terbaik. Merek lain seperti Honor 20 Pro datang dengan prosesor Kirin 980 yang jauh lebih kuat daripada Snapdragon 730G. Huawei P30 atau Xiaomi Mi 9 dalam kisaran harga yang sama pun memiliki spesifikasi lebih baik.

Perangkat Lunak adalah Masalah Selera

Oppo Reno 2 berjalan pada Android 9.0 (Pie) dengan ColorOS 6.1, antarmuka Android buatan Oppo sendiri. Sebagian pengguna menganggap ColorOS terlihat murahan, berantakan dan berisi banyak aplikasi yang tidak perlu seperti Soloop dan Aquamail. Namun pengguna bisa menghapus dengan mudah berbagai aplikasi bloatware tadi. Pihak Oppo pun menjanjikan jika Reno 2 akan menerima pembaruan untuk Android 10 pada kuartal pertama tahun 2020. Agak disayangkan memang perusahaan merilis perangkat ini masih berjalan pada versi Android sebelumnya.

Kamera yang Meyakinkan

Oppo berfokus pada kualitas kamera untuk Reno 2 ini. Perangkat ini memiliki empat kamera di bagian belakang, yang merupakan jumlah yang mengesankan terutama untuk kisaran harga ini. Kamera utama 48 megapiksel dibantu oleh lensa telefoto 13 megapiksel, lensa sudut lebar 8 megapiksel dan lensa mono 2 megapiksel untuk detail tambahan. Spesifikasi lengkapnya adalah : lensa 48 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF, OIS ; lensa 13 MP, f/2.4, 53mm (telephoto), 1/3.4″, 1.0µm, PDAF, 2x optical zoom; lensa 8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/3.2″, 1.4µm; dan lensa 2 MP B/W, f/2.4, 1/5.0″, 1.75µm. Kualitas foto Oppo Reno 2 memang sangat baik. Hasil foto memberikan detail yang sempurna. Dan berkat HDR, hasil foto pun mengusung rentang warna yang luas. Lensa telephoto berfungsi dengan baik dengan memberikan tingkat pembesaran mulai dari 2x hingga 5x. Lensa mono juga berfungsi dengan baik untuk close-up. Lensa kamera utama memiliki fokus yang sangat cepat termasuk obyek yang kecil seperti bilah rumput.

Ditambahkan pula mode malam yang sangat berguna untuk memotret di situasi cahaya redup, seperti pada malam hari. Hasil kamera Reno 2 tetap mampu memberikan foto yang jelas. Kamera mampu menangkap cahaya cukup banyak dalam waktu yang relatif singkat untuk menghasilkan foto yang jelas dan detil yang terlihat.  Mode video adalah kelebihan lain dari kamera Reno 2 ini. Pengguna dapat merekam video dalam resolusi 4K dengan stabilisasi gambar optik yang sangat mengesankan dalam fitur yang dinamakan Ultra Steady. Gambar terlihat sangat halus, bahkan ketika pengguna membuat film sambil berjalan. Kamera selfie 16-megapiksel sudah cukup mumpuni dalam menghasilkan potret diri yang sangat bagus. Kamera depan ini cukup canggih dengan teknologi Motorized Pop Up yang bisa menyembul saat akan digunakan memotret. Mekanisme kamera pop-up berbentuk layaknya sirip ikan hiu tersebut dilengkapi sensor yang bisa mengenali gangguan. Otomatis akan menutup saat terdeteksi perangkat lepas dari genggaman, sehingga akan meminimalisir kerusakan yang mungkin terjadi.

Durasi Baterai Sesuai Harapan

Oppo Reno 2 memiliki baterai 4000 mAh. Itu sudah cukup untuk memberikan daya ke perangkat selama sehari penuh, tanpa harus mengisi ulang. Hanya saja saat digunakan untuk menonton film Netflix atau bermain game, daya baterai dengan cepat akan terkuras. Berkat charger 20 Watt dengan teknologi VOOC 3.0 pengguna dapat mengisi daya dengan cepat dimana baterai akan terisi setengah penuh hanya dalam waktu setengah jam.

Harga Oppo Reno 2

Oppo Reno 2 jauh lebih baik daripada seri Reno yang pertama. Perangkat ini terlihat gaya, performanya cukup cepat untuk penggunaan sehari-hari dan berkat layar yang besar maka ponsel ini ideal untuk menonton Netflix maupun memainkan game. Keempat kamera di belakang juga meyakinkan. Mode malam khususnya mampu memberikan gambar yang mengesankan. Namun, Oppo Reno 2 masih tertinggal dalam hal perangkat lunak sebab hanya mengandalkan Android versi 9 sementara versi 10 sudah tersedia. Harga Oppo Reno 2 ketika pertama kali dirilis di Indonesia bulan Oktober 2019 dibanderol sebesar Rp.7,9 juta untuk versi RAM 8 GB dan 256 GB penyimpanan internal. Namun saat ini perangkat ini hanya dibanderol sekitar Rp.4,9 jutaan saja. Warna yang bisa dipilih mulai dari Sunset Pink, Ocean Blue, dan Luminous Black.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *