Kekurangan Berbelanja di Aliexpress

Disamping berbagai macam kelebihan yang bisa kita dapatkan ketika berbelanja di aliexpress, menurut pengalaman saya, ada beberapa kekurangan yang dihadapi ketika berbelanja di aliexpress.com, diantaranya adalah :

  1. Seperti umumnya berbelanja online lainnya, dengan tidak melihat langsung barang yang akan dibeli, maka muncul kemungkinan barang yang dibeli tidak sesuai dengan yang diharapkan. Terutama bagi shopper pemula yang mudah lapar mata melihat banyaknya barang yang ditawarkan disana. Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan membaca Deskripsi barang secara cermat, serta melihat apakah ada pembeli lain yang pernah membeli barang tersebut ?. Lihat feedback yang diberikan pembeli tersebut, dan baca komentarnya jika ada. Tetapi jangan salah, seller-seller Aliexpress panda membuat foto yang menarik dan artistik, jadi jangan mudah percaya dengan gambar yang diberikan di deskripsi barang. Jika tidak yakin, silahkan bertanya kepada seller baik melalui Chat atau message aliexpress
  2. Seller Aliexpress mayoritas menawarkan free shipping cost alias gratis ongkos kirim. Sayangnya mayoritas seller mengirim paket menggunakan jasa pengiriman yang memerlukan waktu sangat lama. Walaupun metode pengirimannya menyediakan Tracking number, tetapi umumnya barang sampai ke pembeli sekitar 5-6 minggu setelah dikirim sellernya. Mereka umumnya menggunakan China Post yang akhir-akhir ini memang sangat lambat. Bahkan tidak sedikit yang menggunakan jasa Netherland Post dan Sweden Post. Kalau menggunakan jasa ini, lebih lama lagi. Karena barang dikirim ke Netherland atau Sweden terlebih dahulu, baru kemudian dikirim ke alamat pembeli. Jika anda ingin pengiriman lebih cepat, pilih seller yang menawarkan Free shipping menggunakan Hongkong Post, atau Singapore Post. Menurut pengalaman saya, Singapore post yang paling cepat sampai.
  3. Kurang Update-nya stock yang dimiliki seller. Misalnya kita telah membeli dan membayar sebuah barang, ternyata kemudian seller memberitahu melalui message bahwa barang sdh habis. Ini disebabkan karena dalam listing barang di aliexpress tidak disebutkan jumlah stock yang tersedia. Berbeda dengan di ebay, yang mana setiap listing selalu menyebutkan jumlah stock secara jelas. Memang ada beberapa kasus di ebay juga mengalami hal yang sama. Tetappi pengalaman saya, persentasenya jauh lebih kecil dibanding aliexpress.
  4. Aliexpress hanya menjual produk-produk dari China. Jadi jika anda berharap membeli produk dengan brand global, akan sulit menemukannya disini.
  5. Saat ini aliexpress telah meluncurkan situs versi “Indonesia”. Sayangnya penggunaan “mesin translate” yang tidak tepat, malah membuat bingung para shopper. Fasilitas search juga tidak bisa dipakai dengan baik. Untuk mengatasi hal ini, saya sarankan shopper beralih ke web alixpress.com “asli” dengan memilik “ Go To Globalsite “ yang ada di sebelah kanan atas halaman aliexpress.

Demikian kekurangan berbelanja di aliexpress.com yang saat ini sering saya temukan. Semoga menjadi bahan pertimbangan. Selamat berbelanja di aliexpress.

Baca juga : Jasa order belanja di aliexpress

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *