Huawei P30 dan P30 Pro Mengapa Keduanya Layak Dimiliki

Huawei P30 dan P30 Pro, dua flagship yang dirilis oleh pabrikan Cina sekitar setahun yang lalu (26 Maret 2019). Keberadaan ponsel canggih Huawei P30 dan P30 Pro ini berhasil menarik perhatian banyak orang. Itu disebabkan spesifikasi Huawei P30 Series ini memang membawa banyak fitur canggih yang tak ada di ponsel merek lain.

Beberapa fitur itu seperti tahan air dengan sertifikat IP68, charging daya nirkabel, charging reversibel, OS Android Pie, dipersenjatai prosesor octa-core, lima kamera, ditambah layar OLED melengkung berbingkai logam. Huawei P30 Series pun menghadirkan standar baru untuk teknologi ponsel di masa yang akan datang. Ponsel hebat ini sudah terbukti mampu mengantongi nilai DxoMark tertinggi untuk smartphone camera dengan skor 112. Agar lebih mengenal berbagai kelebihan Huawei P30 Series, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Desain dan Layar Sempurna

Huawei P30 dan P30 Pro masih terlihat ramping, yang terutama dikarenakan warna mencolok di bagian belakang. Kedua smartphone sepenuhnya terbuat dari kaca dan karenanya sensitif terhadap goresan dan noda sidik jari. Ponsel ini nyaman saat dipegang terutama P30 reguler. Perangkat ini cukup ringkas dan jauh lebih kecil dibanding hampir semua ponsel Android kelas atas lainnya saat ini. Smartphone ini memiliki layar 6,1 inci yang relatif “imut” dan memiliki berat 165 gram yang membuatnya jauh lebih enak untuk dioperasikan.

Sementara P30 Pro dengan layar 6,47 inci yang lebih besar dengan berat 192 gram. P30 dan P30 Pro memiliki layar OLED dengan visual konten yang terlihat bagus dan kecerahannya pun bagus. Resolusi yang dihasilkan mencapai 2340 x 1080 piksel yang tidak terlalu tinggi untuk flagship Android saat ini yang biasanya memiliki layar yang lebih tajam. Banyak smartphone Android kelas atas memiliki layar dengan kecepatan refresh yang lebih tinggi (90Hz atau 120Hz) pada tahun 2020, tetapi fitur ini tidak tersedia pada ponsel P30. Meski begitu ini tidak terlalu mengganggu dimana tampilan layar masih terlihat halus.

Hardware dan Kekuatan Baterai Cukup Bagus

Huawei P30 dan P30 Pro ditenagai oleh chip Kirin 980, yang memastikan kinerja cepat. Berbagai aplikasi yang terinstal di dalamnya dapat dimulai dengan cepat, multitasking tidak masalah dan sistem perangkat lunak keseluruhan pun berjalan dengan lancar. Pemindai sidik jari, yang terletak di bawah layar (in display fingerprint), juga melakukan pekerjaannya dengan baik. Namun, kerja pemindai ini agak lambat terutama jika dibandingkan dengan pemindai sidik jari di bawah layar perangkat teratas yang lebih baru dari merek lain.

Termasuk kelebihan Huawei P30 dan P30 Pro adalah baterai yang mempunyai kekuatan yang sangat baik. Dengan pemakaian normal pengguna dapat menikmati hingga dua hari meski dengan penggunaan intens. Di samping itu, sektor baterai kedua ponsel ini pun disokong dengan pengisi daya 40 Watt. Pengguna hanya perlu mengecas setengah jam agar bisa menyalakannya sepanjang hari.

Kamera Selalu Meyakinkan

Kamera yang ditawarkan Huawei P30 dan P30 Pro sangatlah bagus. Kedua perangkat ini mampu mengambil foto yang bagus di hampir semua situasi dan tidak kalah dengan flagship Android merek lain saat ini. Lensa zoom periskopik versi Pro menawarkan zoom optik 5x, yang masih memberikan keunggulan dibanding hampir semua perangkat Android lain, karena kualitas foto yang diperbesar yang sangat baik. Pengguna tak perlu mendekati obyek jika akan memotret dengan hasil terlihat dekat. Perangkat Huawei P30 Pro membawa empat kamera utama yang terpasang di area punggung. Sedangkan sebuah kamera yang lain adalah kamera depan sehingga jumlahnya lima kamera. Zoom optik pun bisa mengambil gambar obyek lebih dekat dengan tidak menurunkan kualitas gambar. Umumnya ponsel memanfaatkan fitur zoom digital yang membuat hasil bidikan pun akan pecah. Huawei P30 Pro membenamkan zoom hybrid sebagai kombinasi zoom optik dan zoom digital.

Kecuali itu, ponsel ini pun menyempurnakan kemampuan sampai 50 kali zoom digital yang akan membuat hasil foto makin bagus. Di samping menawarkan fitur zoom yang bagus, kamera Huawei P30 Pro pun menawarkan kelebihan ketika diandalkan untuk mengambil gambar di malam hari. Pengguna tinggal menyalakan fitur mode malam agar bisa memberikan foto di suasana gelap yang bagus. Mode malam ini pun menjadi fitur mandiri sehingga memungkinkan hasil pemotretan lebih jelas dan tajam di situasi cahaya terbatas. Mode malam ini membutuhkan waktu lima detik untuk memotret obyek yang akan menghasilkan foto yang sangat memuaskan.

Perangkat Lunak Tanpa Layanan Google

Sejak merilis P30 dan P30 Pro, banyak yang telah terjadi pada Huawei. Pabrikan Cina ini tidak lagi diizinkan untuk bekerja sama dengan Google karena larangan perdagangan dari Amerika Serikat, yang memiliki konsekuensi besar bagi produk perusahaan. Perangkat terbaru Huawei P30 dan P30 Pro yang dirilis setelah Mei 2019 tidak akan memiliki aplikasi dan layanan Google, sehingga ini menjadi kekurangan yang sangat mengganggu. Play Store tidak ada dan pengguna tidak dapat menggunakan aplikasi seperti Gmail, Google Maps, YouTube, Chrome dan Google Keep. Sementara Huawei P30 dan P30 Pro, yang dirilis sebelum larangan perdagangan, disertifikasi oleh Google dan karenanya menawarkan pengalaman Android lengkap. Huawei juga membuat update ke Android 10 tersedia tahun lalu sehingga membuat unit P30 yang dirilis tahun lalu menjadi lebih bagus dalam hal perangkat lunak. EMUI 10, versi terbaru dari perangkat lunak Huawei, lebih jelas, lebih halus dan lebih menyenangkan untuk digunakan. Huawei pun terus merilis patch pembaruan keamanan bulanan. Namun, pertanyaannya adalah tentang pembaruan Android di masa depan. Tidak jelas apakah P30 dan P30 Pro juga akan mendapatkan pembaruan ke Android 11 dan berapa lama pengguna bisa mengandalkan pembaruan.

Harga Huawei P30 dan P30 Pro

Huawei P30 dan P30 Pro secara keseluruhan adalah smartphone yang bagus dan cepat, memiliki layar yang ok dan daya tahan baterai yang sangat baik. Kamera juga meyakinkan kalau tidak dikatakan yang terbaik saat ini. Namun, karena ketidakpastian seputar kebijakan pembaruan perangkat lunak dari Huawei, konsumen perlu mempertimbangkan sebelum membelinya. Kedua smartphone ini dapat berjalan di Android 10, tetapi tidak jelas bagaimana untuk peningkatan versi Android di masa depan. Jika pengguna menganggap tersebut kurang penting dan sedang mencari ponsel dengan kamera yang bagus maka P30 dan P30 Pro patut dipertimbangkan. Harga Huawei P30 saat pertama kali diluncurkan untuk konsumen Indonesia dibanderol mulai Rp.9.900.000 untuk tipe RAM 6 GB dan ROM 128 GB. Sementara harga Huawei P30 Pro untuk tipe RAM 8 GB dan ROM 256 GB ditawarkan mulai Rp.12.900.000. Namun dalam perkembangannya, akibat konflik perusahaan dengan pemerintah Amerika membuat harga Huawei P30 dan P30 Pro pun terjun bebas menjadi hanya sekitar Rp.1,8 jutaan saja saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *