Galaxy Note Lite 10 Versi Murah Keluarga Note Terbaru


Samsung merilis Galaxy Note 10 Lite minggu ketiga bulan Januari 2020 lalu. Note 10 Lite adalah sebuah smartphone ukuran besar yang seharusnya menjadi seri Note entry-level terbaru. Apa perbedaan dari Note 10 reguler dan apakah versi Lite terbaru ini sepadan dengan harganya? Anda bisa membaca penjelasannya dari ulasan Samsung Galaxy Note 10 Lite berikut ini.

Bodi Plastik

Banyak smartphone kelas atas memiliki bodi kaca, tetapi Galaxy Note 10 Lite sayangnya hanya terbuat dari plastik. Perangkat ini terasa lebih murah daripada saudaranya, Note 10 reguler dan Note 10 Plus. Meski hanya plastik tetapi kualitas build-nya sangat kokoh dan relatif berat dengan bobot mencapai 199 gram. Desain rancangannya pun cukup indah dan pengguna pasti merasa menggunakan sebuah smartphone mewah. Untuk menekan harga lebih terjangkau, Galaxy Note 10 Lite tidak datang dengan sertifikat IP68 yang berarti ponsel ini tidak tahan debu dan air. Oleh karena itu pengguna harus lebih berhati-hati jika menggunakannya saat hujan di luar rumah. Beberapa fitur ikut hilang demi mengejar harga murah, seperti speaker stereo dan koneksi headphone. Sebagai pendukung fitur keamanan, Galaxy Note 10 Lite mendukung fitur pengenalan sidik jari dengan teknologi optik terletak di dalam layar dan juga fitur pengenalan wajah atau face recognition.

Layar Besar dan Indah

Perbedaan penting antara Galaxy Note 10 reguler dan Note 10 Lite adalah layar. Kedua smartphone flagship terbaru itu memiliki layar AMOLED, tetapi Note 10 Lite jauh lebih besar 6,7 inci dari Note 10 reguler (6,3 inci). Ukuran layarnya yang besar adalah bagus terutama jika Anda menggunakan S Pen untuk menavigasi perangkat. Tetapi perlu diingat bahwa smartphone ini hampir tidak dapat dioperasikan dengan satu tangan. Kualitas layar seperti biasa dari Samsung adalah sangat bagus. Panel AMOLED yang digunakan mampun menampilkan warna-warna yang cemerlang, warna hitam yang sangat pekat, dan kecerahan pun maksimal. Resolusinya yang mencapai 2400 x 1080 piksel memastikan gambar yang ditampilkan di layar sangat tajam. Bezel di sekitar layar sedikit lebih tebal daripada versi Note 10 normal, tetapi ini tidak akan mengganggu pengguna sama sekali. Samsung telah memilih tipe layar datar, dan bukan yang memiliki tepi melengkung. Meski ini terlihat sedikit kurang mewah namun Galaxy Note 10 Lite tetap memancarkan aura perangkat high end.

Kamera yang Sangat Bagus

Di bagian belakang Samsung Galaxy Note 10 Lite ada tiga kamera, masing-masing dengan resolusi 12 megapiksel. Itu meliputi kamera utama, lensa telefoto untuk 2x optical zoom dan lensa sudut lebar. Spesifikasi lengkapnya adalah : kamera wide 12 MP (OIS, f/1.7), kamera telephoto 12 MP (OIS, f/2.4), dan kamera ultra-wide 12 MP (f/2.2). Di bagian depan ada kamera 32 megapiksel untuk selfie. Bagusnya, kamera utama dan lensa telefoto membawa fitur stabilisasi gambar optik (OIS, Optical Image Stabilization) sehingga gambar tetap tajam ketika tangan pengguna sedikit goyang atau mengambil foto yang diperbesar. Stabilisasi gambar juga membantu dalam kegelapan, karena foto cenderung bergerak. Pada siang hari pengguna bisa mengambil foto dengan hasil yang bagus. Warna yang dihasilkan terlihat realistis dan sangat detail. Kualitas lensa sudut lebar seperti yang sering terjadi pada jenis kamera ini sedikit kurang terutama dalam gelap, sulit untuk mengambil foto yang bagus. Namun, dengan cahaya matahari yang cukup, lensa sudut lebar berkinerja bagus. Lensa sudut lebar memungkinkan pengguna untuk mengambil lebih banyak obyek gambar, yang memberikan efek besar pada foto.

Baterai Besar dan Pengisian Cepat

Fitur bagus lainnya dari Samsung Galaxy Note 10 Lite adalah baterai 4.500 mAh yang cukup lumayan kuat. Dengan baterai sebesar itu memungkinkan smartphone bisa bertahan sehari penuh tanpa masalah, bahkan untuk penggunaan intensif. Meski tidak bisa mengharapkan dua hari tanpa pengisian daya, tetapi baterai Note 10 Lite masih lebih baik dibanding daya tahan baterai Note 10 reguler. Selain itu, Galaxy Note 10 Lite pun memiliki pengisi daya 25 Watt. Setelah setengah jam mengisi daya, baterai sudah terisi setengahnya. Untuk pengisian penuh membutuhkan waktu kurang dari satu setengah jam. Sangat disayangkan bahwa fitur pengisian daya nirkabel tidak tersedia. Sepertinya pihak perusahaan harus menghilangkan fitur ini untuk menjaga agar harga Note 10 Lite tetap terjangkau.

S Pen yang Sangat Berguna

Alasan utama kebanyakan orang memilih seri Galaxy Note adalah S Pen. Pena digital yang keluar dari tempatnya dapat digunakan untuk membuat catatan maupun membuat sketsa pada perangkat. Namun tentu saja S Pen Galaxy Note 10 Lite menawarkan kemampuan yang lebih dari itu. Misalnya, pena ini memiliki tombol dan dukungan Bluetooth, jadi pengguna bisa memanfaatkannya sebagai “kendali jarak jauh”. Mengambil foto atau memberikan presentasi dapat dilakukan dengan mudah menggunakan pena ini. Stylus juga berguna jika pengguna mengambil tangkapan layar kemudian ingin menyorot bagian tertentu, misalnya memberikan lingkaran. Namun sangat disayangkan bahwa Note 10 Lite tidak memiliki S Pen yang sama dengan Note 10 dan Note 10 Plus. Misalnya saja tidak adanya fitur air gesture yang memungkinkan pengguna untuk melakukan tindakan melalui gerakan, tanpa perlu menyentuh layar. Untungnya, Samsung telah menambahkan fungsi yang memungkinkan pengguna untuk mengkonversi teks tertulis secara langsung ke teks digital. Itu sangat berguna ketika membuat catatan secara cepat.

Hardware Bukan yang Tercepat

Untuk menghemat biaya, Samsung melengkapi spesifikasi Galaxy Note 10 Lite dengan hardware yang kurang kuat dibanding kepunyaan Note 10. Dapur pacunya mengandalkan chip Exynos 9810 (10nm 64-bit Octa-core processor yaitu Quad 2,7GHz + Quad 1,7GHz), seri prosesor yang relatif lama yang juga mendukung Galaxy S9 dan Note 9. Hadir juga 6GB RAM dan 128GB penyimpanan internal. Untuk penggunaan sehari-hari, kombinasi jeroan tadi memang baik-baik saja. Aplikasi berjalan dengan mulus dan secara umum Kinerja Note 10 Lite tidak buruk tetapi opsi merek lain yang lebih baik tersedia dalam kisaran harga ini.

Harga Samsung Galaxy Note 10 Lite

Samsung Galaxy Note 10 Lite adalah smartphone yang cukup aneh. Dalam hal hardware dan fitur, ponsel ini menggantung antara Note 9 dan Note 10. Namun jika pengguna menginginkan layar yang sangat besar dilengkapi S Pen, perangkat ini layak untuk dipertimbangkan. Harga Galaxy Note 10 Lite diposisikan lebih murah dibanding Galaxy Note 10 reguler maupun versi Plus. Galaxy Note 10 edisi ekonomis tersebut ditawarkan seharga Rp.8,2 juta. Harga tersebut terpaut kira-kira Rp.4 jutaan dibanding harga Galaxy Note 10 reguler yang dibanderol Rp 12,9 juta. Galaxy Note 10 Lite datang hanya dengan dua varian warna yaitu Aura Glow dan Aura Black.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *