Galaxy A51 Ponsel Andalan Baru Samsung di Kelas Menengah

Galaxy A50 adalah salah satu perangkat paling populer di tahun 2019 dengan total penjualan yang fantastis. Itulah mengapa masuk akal jika Samsung pun segera merilis penerusnya. Samsung tentu berharapĀ  Galaxy A51 terbaru ini akan menyamai kesuksesan pendahulunya. Samsung Galaxy A51 tetap menyasar konsumen segmen menengah bawah yang sedang membutuhkan ponsel branded yang handal. Simak ulasan spesifikasi dan harga Samsung Galaxy A51 berikut ini.

Desain Mulus dan Layar Luar Biasa

Sejauh menyangkut desain, tampilan luar Galaxy A51 tidak banyak berubah dibandingkan Galaxy A50. Bodi Galaxy A51 tetap mengandalkan kesing plastik. Meski begitu perangkat tetap terasa kokoh terlebih dengan beratnya yang mencapai 174 gram. Pengguna serasa memegang unit smartphone mewah. Lebar Galaxy A51 sedikit lebih sempit dari pendahulunya, tetapi memiliki layar 6,5 inci yang sedikit lebih besar dengan pelindung Gorilla Glass 3. Itu adalah layar Super Amoled dengan resolusi 2400 x 1080 piksel, yang memastikan visual bagus dan tajam. Layar juga menghasilkan warna yang sangat indah, bagus dan jelas, dan tak diragukan lagi ini adalah salah satu kelebihan dari perangkat ini.

Bila Galaxy A50 masih memiliki lekukan kecil untuk kamera selfie, beda dengan Galaxy A51 memiliki lubang kecil di bagian atas layar. Punch tersebut terlihat rapi yang mengesankan jika hampir seluruh bagian depan perangkat ini terdiri dari layar. Ini juga mengingatkan kita pada Note 10 dan Note 10 Plus tahun lalu dalam hal desain. Hanya bagian bawah layar yang memiliki bezel tebal meski kebanyakan pengguna pasti tak akan mempermasalahkannya.

Hardware Tak Banyak Berubah

Sejauh menyangkut perangkat keras internal, spesifikasi Galaxy A51 tidak lebih baik jika dibandingkan dengan pendahulunya. Sekali lagi, ada 4GB RAM dan 128GB penyimpanan internal, meskipun A51 memang memiliki prosesor Exynos 9611 yang lebih cepat di atas kertas. Prosesor tersebut diproduksi menggunakan proses 10nm LPE Samsung yang merupakan proses 10nm generasi pertama. Itu adalah proses yang sama yang digunakan untuk membuat chip unggulan 2017 seperti Exynos 8895 & Snapdragon 835. Exynos 9611 lebih unggul daripada proses yang digunakan dalam Snapdragon 665, 675, Helio G70 dan G90T.

Dalam praktiknya, pengguna hampir tidak merasakan perbedaan. Meski performa Galaxy A51 boleh dikatakan mulus, tetapi tentu saja ini bukan ponsel tercepat. Pengguna mungkin mengalami beberapa kendala dalam penggunaan sehari-hari, terutama jika melakukan multitasking atau memulai aplikasi kamera. Ini wajar untuk sebuah smartphone dengan harga terjangkau. Pengguna akan mendapatkan ruang penyimpanan standar sebesar 128GB dan juga memiliki opsi untuk memperluasnya menggunakan kartu micro-SD.

Pemindai Sidik Jari Berfungsi Lebih Baik

Kekurangan paling kentara dari Galaxy A50 yaitu fitur pemindai sidik jari. Fitur ini diletakkan di bawah layar yang kerjanya lambat dan tidak dapat diandalkan. Karenanya fitur ini benar-benar tidak menyenangkan untuk digunakan. Dengan Galaxy A51, Samsung kembali memilih pemindai sidik jari optik di bawah layar, tetapi kinerjnya ditingkatkan dengan signifikan. Pemindai sidik jari A51 jauh lebih dapat diandalkan dan lebih cepat. Sidik jari pengguna dengan cepat bisa dikenali untuk kemudian membuka kunci layar beranda.

Android 10 dengan OneUI 2.0

Satu hal yang menyenangkan mengenai spesifikasi Samsung Galaxy A51 adalah bahwa smartphone ini sudah menjalankan Android 10 sebagai platform-nya. Ini memberi pengguna akses langsung ke semua fitur terbaru, seperti mode gelap di seluruh sistem dan opsi untuk melindungi privasi. Antarmuka yang digunakan OneUI 2.0 buatan Samsung sendiri yang sudah ditingkatkan. Perangkat lunak yang satu ini memiliki banyak opsi, tetapi disajikan dengan jelas dan logis sehingga pengguna tak akan kesulitan menavigasikannya. OneUI iniĀ  menarik ke bawah tombol-tombol penting, seperti panel pengaturan cepat, untuk membuatnya lebih mudah dijangkau dengan satu tangan. Pada layar besar Galaxy A51, ini adalah sebuah keuntungan bagi pengguna meskipun A51 tentu bukan smartphone yang dapat dioperasikan sepenuhnya dengan satu tangan. Galaxy A Series tak terkecuali A51 ini biasanya akan menerima dua upgrade Android utama dalam hal ini Android 11 dan 12.

Kamera Serbaguna

Perbaikan utama lainnya dari Samsung Galaxy A51 dibanding pendahulunya adalah sektor kamera. Di bagian punggung tersedia empat kamera: kamera utama 48 megapiksel, lensa sudut lebar 12 megapiksel, sensor kedalaman 5 megapiksel dan kamera makro. Kamera makro adalah fitur terbaru yang tak ada di A50. Fungsi utama kamera ini adalah untuk mengambil foto dari dekat dimana pengguna harus mengaktifkan “mode makro” dari aplikasi kamera. Dengan kamera makro maka pengguna bisa mengambil gambar tanaman, atau menangkap gambar serangga kecil. Hanya saja karena kemampuannya hanya 5 megapiksel itu berarti bahwa banyak detail gambar yang akan hilang.

Dengan kamera utama 48 megapiksel, pengguna dapat mengambil foto yang luar biasa, di mana warna terlihat indah dan banyak detail terlihat. Dalam beberapa situasi, dynamic range kamera A51 memang kurang bagus, tetapi ini dapat dipahami mengingat harga yang ditawarkan. Pengguna juga dapat mengambil foto yang bagus dalam gelap, dengan mode malam yang akan membantu membuat foto menjadi sedikit lebih terang.

Lensa sudut lebar juga merupakan pelengkap yang bagus yang juga ada di Galaxy A50. Dengan Galaxy A51, foto sudut lebar terlihat sedikit lebih tajam, yang mungkin karena foto diambil dalam 12 megapiksel (dan bukan 8 megapiksel). Namun, dalam suasana gelap, kamera lensa sudut lebar tidak terlalu cerah, sehingga foto terlihat kusam dan buram. Selain itu, pengguna terkadang melihat beberapa distorsi pada sisi foto meski tidak terlalu mengganggu. Berbagai fitur foto pun melengkapi kamera A51 ini seperti : HDR, Live Focus, panorama, hingga rekam video dengan standar 4K.

Daya Tahan Baterai dan Pengisian Cepat

Sama seperti pendahulunya, spek baterai A51 pun mengandalkan baterai 4000 mAh. Itu kapasitas yang cukup besar, tetapi karena layarnya yang juga besar maka daya baterai pun akan tersedot banyak. Dalam praktiknya baterai bisa bertahan sepanjang hari untuk penggunaan wajar tanpa masalah. Daya tahan baterai bisa sedikit lebih lama hingga satu setengah hari untuk penggunaan ringan. Samsung Galaxy A51 dilengkapi dengan pengisi daya 15 Watt. Meskipun merupakan fitur pengisian cepat namun dibutuhkan cukup waktu untuk mengisi baterai hingga penuh. Pengisian daya dari 0 hingga 100 persen membutuhkan waktu sekitar dua jam. Setelah setengah jam pengisian, baterainya terisi sekitar 35 persen penuh.

Harga Samsung Galaxy A51

Seperti A50 yang populer, Galaxy A51 adalah ponsel kelas midrange yang sangat baik, tetapi tetap saja ada kekurangannya. Layarnya luar biasa, desainnya terlihat bagus dan pengguna tidak perlu khawatir tentang masa pakai baterai. Selain itu, pengguna memiliki kapasitas penyimpanan besar, fitur pengisian cepat, kamera yang bagus dan Android 10. Pemindai sidik jari pun telah diperbaiki sehingga fungsinya pun responsif. Harga Samsung Galaxy A51 ditawarkan dengan banderol Rp.4.399.000 untuk varian RAM 6 GB dan memori internal 128 GB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *