Dimana Mencari Jasa Forwarder Barang Dari Alibaba ?

Kita mencari jasa forwarder di Indonesia atau dari China sih, kalau mau mengirim barang belanjaan dari Alibaba dan ecommerce China lainnya ?.

Ketika kita ingin membeli barang dari alibaba atau ecommerce China lainnya dalam jumlah relatif besar, maka kita akan memerlukan bantuan jasa forwarder untuk mengirimkan barang ke Indonesia. Pertanyaan yang sering ditanyakan orang adalah, Dimanakah kita mencarai forwarder tersebut ? apakah di China atau di Indonesia ?. Lalu siapa yang harus mencari, apakah kita sebagai pembeli, atau penjual yang berada di China ?.

Sebelumnya kita bahas terlebih dahulu keuntungan kita mengirim paket dari China menggunakan Jasa forwarder, yaitu :

  • Pertama adalah karena segi kepraktisannya, dimana kita menyerahkan semua hal kepada pihak jasa forwarder yang bersangkutan, dan kita tinggal menunggu saja barang tiba di rumah
  • Kedua adalah karena lebih mudah dalam hal izin impor, dimana kita bisa minta bantuan pihak forwarder untuk mengurus paket dengan izin impor yang mereka miliki
  • Ketiga adalah biaya kirim dan pajaknya yang lebih murah dibanding jika kita mengirim langsung ke Indonesia dengan jasa pengiriman regular
  • Keempat adalah kita bisa mengirim barang dengan berat dan volume yang sangat besar dan tidak bida dikirim dengan jasa pengiriman regular
  • Kelima adalah kita bisa membeli dan mengirim barang ke Indonesia, di seller atau website yang tidak melayani pengiriman barang ke Indonesia

Nah setelah tahu keuntungan mengirim barang melalui jasa forwarder, sekarang kita bahas bagaimana caranya mencari perusahaan forwardernya, dan siapa yang harus mencari ?.

Yang harus mencari perusahaan forwardernya adalah kita sebagai pembeli. Dan kita mencarinya di Indonesia. Jadi sebelum kita membeli barang di Alibaba, kita terlebih dahulu harus mencari perusahaan forwarder yang melayani pengiriman barang dari negara asal barang ke Indonesia. Misalnya kita mau membeli barang dari China, maka kita harus mencari jasa forwarder yang melayani pengiriman dari China ke Indonesia ( Umumnya ke Jakarta).

Cara mencarinya bagaimana ?. Pertama, kita melakukan googling. Misalnya dengan kata kunci “Forwarder China ke Indonesia”, maka nanti akan muncul hasil pencarian jasa forwarder yang melayani jalur China ke Indonesia. Nah dari situ teman teman bisa memilih satu forwarder, lalu mencoba menghubunginya. SIlahkan konsultasi mengenai skema forwardernya, kemampuannya, tarifnya, alamat gudangnya, dan lain lain.

Kedua, kita bisa mencari informasi dari forum diskusi online, Misalnya dari Kaskus, Forum detik dan lain lain. Biasanya disana ada subforum diskusi mengenai import barang dari China, dimana salah satunya membahas tentang jasa forwarder.

Ketiga, kita bisa mencari informasi dari Group-group Bisnis di Sosial media, maupun Whatsapp group khusus bisnis impor. Saya sering menemukan informasi seperti ini di forum forum tersebut.

Silahkan memilih beberapa jasa forwarder, untuk dibandingkan kelebihan dan kekurangannya. Pilih salah satu yang terbaik menurut teman teman, lalu intensifkan komunikasinya. Informasi yang perlu diminta dari forwarder tersebut adalah :

  1. Alamat Gudang di China, lengkap. Nanti untuk disampaikan kepada seller
  2. Marking Code, yaitu sebuah kode khusus yang harus dituliskan di paket. Nanti perlu disampaikan ke seller.
  3. Tarif, Minimum order pengiriman dan Jangka waktu pengiriman.

Jika teman teman sudah menentukan mau memakai jasa mereka, maka nanti setelah teman teman melakukan komunikasi dengan seller di China, teman teman sampaikan bahwa mau menggunakan jasa forwarder tersebut. Sampaikan alamat gudang di China dan marking code yang digunakan. Bilang kepada seller, untuk menulis marking code tadi di semua paket yang dikirim ke gudang. Tujuan penggunaan marking code, adalah untuk mengidentifikasi paket tersebut supaya tidak tertukar dengan paket customer lain. Jadi Marking code merupakan bagian dari system pengiriman melalui jasa forwarder.

Nah, jika teman teman masih bingung jasa pengiriman dengan forwarder mana yang harus dipilih, silahkan menghubungi kami, nanti kami bantu pengiriman barang dari China menggunakan jasa forwarder kami. Sekalian promosi ah he he. Kami telah berpengalaman mengurus pengiriman barang dari China melalui skema pengiriman forwarder door to door. Silahkan menghubungi kami melalui kontak yang ada di foto dibawah ini. Terima kasih telah berkunjung di web kami, semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kesuksesan, aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *