Cara Mendapatkan Uang Dari Bisnis Dropship Bagi Pemula

Bisnis dropship lokal, cukup manjanjikan keuntungan yang sangat besar, bahkan bagi anda yang masih pemula.

Pada artikel kali ini akan djelaskan secara rinci dan mendetail serta apa-apa saja kendala yang banyak di hadapi para pelaku dropship yang dapat menyebabkan kegagalan. Secara sederhana dapat di defenisikan bahwa usaha dropship  dikategorikan sebagai salah satu jenis bisnis yang hanya memerlukan modal yang kecil dan nyaris tanpa modal, bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk kamu  dan para pemula yang ingin mendapatkan uang secara cepat dari bisnis online.“Siapa-siapa sajakah yang terlibat dalam jenis bisnis dropship ini” Yang terlibat dalam bisnis ini terdapat 3 pihak, siapa sajakah itu? pertama pihak pemasok, kedua pihak pengecer, dan yang ketiga pihak pembeli. Apa fungsi dari pihak-pihak tersebut:

  • Pihak pemasok ialah pihak produsen atau yang mempunyai produk untuk dijual
  • Pihak pengecer ialah pihak yang menawarkan produk-produk kepada pembeli atau dengan kata lain pelaku dropship(perantara)
  • Pihak pembeli ialah sasaran kita sebagai pelaku dropship untuk menawarkan produk-produk dari pihak pemasok atau produsen.

Secara sederhana bisa disimpulkan bahwa seorang pengecer dalam bisnis ini bisa disebut juga sebagai perantara. Menjadi seorang perantara di bisnis ini tidak perlu repot untuk membuat atau memproduksi barang, menyimpan atau mengirimkan barang ke pihak pembeli, karena di sini tugas pelaku dropship hanya menawarkan produk, dan bila  terjadi transaksi pembelian maka tugas pihak pemasok lah yang akan mengirimkan barang tersebut. Nah, dari setiap transaksi inilah kamu  sebagai pelaku bisnis dropship  mendapatkan komisi.

Saya rasa jenis bisnis ini cukup menjanjikan bagi pemula yang ingin belajar usaha di dunia bisnis online. Selain tanpa mengeluarkan modal, bisnis ini juga bisa dijadikan bisnis sampingan bagi kamu  yang ingin belajar sebelum benar-benar yakin untuk terjun langsung dalam memasarkan produk kamu  sendiri. Di sini kamu  bisa belajar potensi-potensi kamu  dalam memasarkan produk dan bagaimana cara menarik orang untuk membeli produk. Uniknya lagi dari bisnis ini, para calon pembeli tidak mengetahui bahwa mereka sedang berurusan dengan pengecer, mereka berfikir bahwa mereka sedang berurusan dengan pihak pemasok, jadi kepercayaan pembeli pun tidak ragu untuk membeli produk tersebut. Transaksi-transaksi yang seperti ini hanya dapat kita temui di dunia bisnis online.

Di bisnis ini kamu  mempunyai peluang besar untuk meraup keuntungan hanya dengan menawarkan produk-produk tersebut. Kalau bisa kamu  sebarkan sebanyak-banyaknya supaya peluang untuk mendapatkan calon pembeli pun besar. Selain tanpa modal untuk menjalankan bisnis ini, disini juga kita tidak  dikenakan biaya operasional. Hampir semua pemilik bisnis di muka bumi ini pasti ada biaya operasional nya, namun disini para dropshiper tidak merasakannya. Para dropshiper tidak perlu menanggung biaya listrik, biaya sewa bangunan, biaya telepon atau gaji-gaji pegawainya.

Walaupun kita tidak menanggung biaya operasional dibisnis ini, akan tetapi di bisnis ini akan berjalan bila  ada sambungan internet. Karena cara kerja bisnis ini menawarkan melalui media social yang membutuhkan sambungan internet. Bila  dipikir-pikir itu hanya nominal yang kecil bila  dibandingkan dengan kamu  membayar gaji pegawai atau membayar pajak, sewa gedung dan biaya-biaya tak terduga lainnya. Karena menggunakan koneksi internet, bisnis ini bisa dilakukan dimana saja tanpa mengenal ruang dan waktu.

Bisnis dropship ini tidak membatasi produk-produk untuk dipasarkan, kita bisa menjalin kerjasama dengan banyak pihak. Kamu  dapat memilih produk-produk yang menjadi trend sekarang ini, seperti fashion, gadget, aksesoris dan lain-lain. Apakah kamu  berminat untuk menjajal nya.

Meskipun dropship dianggap sebagai bisnis yang mudah dan dapat dilakukan siapa saja, bukan berarti di bisnis ini tidak memiliki kendala. Ada beberapa kendala yang sering dihadapi, seperti komplain dari para pembeli, produk yang tidak sesuai, atau molornya waktu pengiriman. Tetapi kamu  tidak perlu khawatir, karena disini akan dijabarkan tips-tips untuk meminimalisir kendala-kendala tersebut dengan harapan kamu  yang menjadi para droshiper menjadi droshiper yang sukses.

  1. Fokus Pada Satu Produk

Disini kadang para pemula terlena ingin mendapatkan untung yang besar dengan menawarkan beberapa jenis-jenis produk yang membuat kita sebagai newbi ini tidak fokus. Maka masukan dari saya ialah fokus pada satu produk saja dulu, kamu  bangun branding produk dahulu supaya pembeli yakin kepada kamu .

  1. Strategi Cross Selling

Apakah cross selling ?. Cross selling adalah sebuah teknik yang dipakai untuk menjual beberapa produk dalam satu waktu. Contohnya bila  kamu  sebagai droshiper menjual aksesoris computer, kamu  bisa menerapkan teknik cross selling dengan cara menawarkan mouse, keyboard, flasdisk dan lain-lain yang masih terkait dengan produk utama.

  1. Pelayanan

Pelayanan ialah kunci sukses untuk berhasil di bisnis ini. Kita harus memberikan pelayan yang cepat kepada pembeli. Bukan hanya cepat kita juga harus standbay dalam memberikan pelayan yang benar-benar bisa memuaskan, seperti kwalitas produk, informasi produk, dan kekurangan produk. Bila  bisnis  kamu  berjalan lancar ada baiknya kamu  menyewa jasa customer service. nantinya

  1. Kerugian Waktu

Kamu  harus meminimalisir kerugian waktu ketika kamu  menjalani bisnis dropship ini. Kamu  harus menuliskan deskripsi yang lengkap untuk produk tersebut, supaya tidak banyak waktu terbuang untuk melayani pertanyaan dari calon pembeli yang berulang.

  1. Minta Hak-Hak Kamu Ke Supplier

Di bisnis ini kita sebagai pelaku dropship mempunyai beberapa hak yang wajib di penuhi oleh supplier, seperti hak kamu  untuk mencantumkan brand kamu  pada  nama pengirim dan hak kamu  untuk meminta personal garansi.

  1. Dengan Menjadi Pembeli

Disini maksudnya ialah kamu  perlu mencoba menjadi pembeli pada supplier tersebut.  Tujuan nya ialah supaya kamu bisa memastikan supplier  yang tepat untuk dijadikan partner. Dengan melakukan test tersebut selain dapat menentukan partner yang tepat, kamu  juga bisa tahu kwalitas produk yang dikirim oleh supplier kamu .

Nah, selain mempelajari tips tips tersebut diatas, kamu juga harus memperhatikan hal berikut ini dalam menggeluti bisnis sebagai dropshiper. Tahukah kamu  apa pemicu orang untuk membeli barang di took kamu ?. Menurut riset, hampir 70%  yang membuat orang tertarik untuk sebuah produk ialah kualitas foto (untuk bisnis ini).

“Mengapa Foto Menjadi Sedemikian Pentingnya?”

Manusia ialah  mahkluk visual,salah satu organ yang terdapat pada tubuh manusia ialah  otak,dan pada bagian otak ini ada yang disebut otak tua. Untuk mengambil keputusan termasuk keputusan untuk membeli atau tidak ialah  tugas dari otak tua ini dan otak tua ini tidak mengenal kata-kata. Satu-satunya bahasa yang dapat dimengerti oleh otak tua ialah  bahasa visual. Maka supaya sukses di bisnis ini, visualisasikan produk anda sebaik mungkin, sehingga dapat mempengaruhi tugas dari otak tua ini.

“Kemudian Apa-Apa Saja Yang Mempengaruhi Otak Tua Ini?”

1.Latar Belakang Satu Warna,

Disini sebagaian orang memilih warna putih. Warna putih tidak menarik perhatian,mata pembeli tidak melihat objek lain selain produk yang kamu  sajikan pada latar belakang putih.

2.Jelas Dan Besar,

Disini maksudnya adalah  menyajikan foto produk dengan resolusi tinggi  supaya terlihat jelas. BESAR maksudnya ialah  supaya  kamu  tidak menggunakan foto thumbnail dari halaman kategori. Besar ukuran tergantung platform toko online kamu . Ukuran standar foto ialah  640 px X 640px.

3.Objek Tunggal,

Maksudnya produk kamu  haruslah satu-satunya objek utama dalam sebuah foto. Usahakan sebisa mungkin pembeli hanya focus melihat produk kamu. Bila  kamu  menampilkan objek lain, berarti kamu  sengaja mengalihkan perhatian pengunjung.

Nah, demikianlah pembahasan kita tentang dropship kali. semoga bermanfaat bagi para pemula untuk memulai bisnis online ini. Terima kasih sudah berkunjung, dan semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kesuksesan, aamiin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *