Cara Belanja di Alibaba Dengan Trade Assurance (Bagian 2)

Cara belanja di alibaba itu mudah lho ! Silahkan mengikuti cara yang saya jelaskan disini. Kami juga menyediakan konsultasi online secara GRATIS, sampai bisa.

Setelah menyimak Cara Belanja di Alibaba (Bagian 1) di artikel sebelumnya. Maka kali ini kita akan membahas Bagian ke-2, yaitu untuk pembelian dalam jumlah relatif banyak, dengan pengiriman melalui skema Forwarder. Jika teman teman belum menyimak Bagian 1, silahkan masuk ke halaman tersebut lebih dahulu, supaya lebih mudah memahaminya.

Banyak orang bertanya tentang, apa itu Forwarder ? dan bagaimana skema jasa forwarder bekerja ?

Forwarder secara sederhana diartikan sebagai perusahaan yang membantu pengiriman barang antar negara. Forwarder akan menerima barang, mengurus pergudangan, mengirim ke negara tujuan, serta mengurus izin impor, perpajakan, bea cukai, dll.

Jadi jika kita berbelanja di Alibaba dan menggunakan forwarder, maka skemanya sbb :

  1. Kita membeli barang dan minta kepada penjual mengirimnya ke gudang forwarder di China. Biasanya ada di Guangzhou, Shenzhen, Shanghai, dll
  2. Forwarder akan menerima barang, dan mengirim ke Indonesia, Umumnya ke Jakarta
  3. Selanjutnya forwarder akan mengurus izin impor, mengurus hal hal berkaitan dengan bea cukai, membayar pajak, dll
  4. Lalu pihak forwarder akan mengirimkan paket ke alamat Anda

Forwarder dibagi menjadi dua, yaitu :

  1. Forwarder Udara, melakukan pengiriman menggunakan Pesawat Udara
  2. Forwarder Laut, melakukan pengiriman menggunakan Kapal Laut

OK, jika masih belum paham mengenai Skema forwarder, silahkan menyimak di artikel ini : Skema forwarder barang dalam pengiriman barang dari alibaba.

Seperti biasa, jika anda bingung, anda tidak perlu khawatir. Silahkan menghubungi kami, via HP/WA, nanti kami pandu dan bantu step by step sampai selesai. Kontak kami ada disini : KONTAK.

OK, kita mulai saja langkah langkah Cara belanja di Alibaba menggunakan skema forwarder, berikut ini. ( Catatan : Dalam tutorial kali ini saya mungkin akan menggabungkan beberapa transaksi dalam akun saya, dengan tujuan untuk mempersingkat waktu. Jadi dalam setiap langkah akan berbeda jenis barang yang akan dipakai contoh. Tetapi inti prosesnya sama ).

  1. Langkah pertama, Login ke akun Alibaba teman teman. Jika belum punya, silahkan buat lebih dahulu.
  2. Langkah kedua, Cari perusahaan forwarder yang bisa membantu pengiriman barang. Carinya dimana ? carinya di Indonesia. Bisa melalui googling. Jadi teman teman mencari perusahaan forwarder di Indonesia yang melayani pengiriman dari China ke Indonesia. Masih bingung mencari forwarder yang terpercaya ?. Jangan khawatir. Silahkan menghubungi kami, nanti kami bantu dengan perusahaan forwarder kami, he he sekalian promosi.

Setelah ketemu forwardernya, teman teman minta alamat gudangnya. Berikut adalah contoh alamat Gudang forwarder di Guangzhou ( Catatan : Ini bukan alamat gudang saya ya, hanya contoh saja )

新仓库地址:

地址:广东省佛山市南海区大沥镇敦豪物流园内B1栋8-12档(广州市金沙洲交界)

送货联系人:18998216023 莫先生;

收货时间  :9:00—17:30   (星期日休息)

Umumnya mereka menggunakan Bahasa Mandarin, tetapi ada juga yang berupa Bahasa mandarin dan Inggris.

Selain alamat, teman teman juga harus minta “MARKING CODE” kepada forwardernya. Marking code itu apa sih ? Marking code adalah kode yang harus ditulis penjual, di paketnya nanti. Ini adalah kode untuk mengidentifikasi paket teman teman saat proses forwarding barang.

Contohnya : JK/AIR/PAIJO ( hanya contoh saja )

Setiap forwarder memiliki kode kode tertentu dan berbeda beda. Nanti teman teman minta kepada penjual untuk menulis di semua paket yang dikirim ke gudang. Tujuannya untuk memudahkan dalam identifikasi paket teman teman.

Selain itu teman teman juga perlu menanyakan berapa tariff yang dikenakan oleh forwarder atas barang yang akan dikirim. Tarif umumnya dihitung berdasarkan berat dan volume paket. Dan tariff ini bersifat all in, alias sudah termasuk pengurusan izin, bea cukai, pajak, dll. Jadi teman teman sudah terima beres saja.

Umumnya setiap forwarder menerapkan minimum kuota pengiriman. Misalnya 5 kg berat dan volume untuk Via udara, dan 0.5 M3 untuk via Laut. Dan pembayaran biaya forwarder, umumnya dilakukan setelah barang sampai Indonesia ( Jakarta ).

  1. Langkah ketiga, Tentukan Barang yang mau dibeli.

Tentukan barang apa yang mau dibeli, dan berapa banyak jumlahnya ?. Lalu searching barangnya melalui kolom “search” di Alibaba, seperti gambar dibawah ini. Tuliskan nama barang yang mau dibeli (dalam Bahasa inggris). Di kolom search, lalu klik “Search”. Dalam contoh ini, misalnya saya mau membeli barang berupa “Virus Shut Out” sebanyak 200 unit, dan mengirim menggunakan skema forwarder.

cara-membeli-barang-di-alibaba-a

Maka akan muncul beberapa pilihan barang seperti ini :

cara-membeli-barang-di-alibaba-b

Silahkan memilih barang mana yang akan teman teman beli. Klik pada barang tersebut, sehingga muncul halaman baru.

cara-membeli-barang-di-alibaba-c

  1. Langkah ke Empat, Komunikasi dengan penjualnya.

Klik “Contact Suplier” di kolom sebelah kanan seperti pada gambar. Dalam beberapa kasus, tombol “Contact supplier” ini kadang berbunyi “Kontak pemasok” atau “Send Inquiry” atau “Kirim pertanyaan”. Setelah di klik, silahkan kirim pertanyaan ke penjual. Misalnya sebagai berikut :

“ Saya ingin membeli 200 unit dan mengirimkan ke agen saya di Guangzhou. Berapa total harga dan ongkos kirim ke Guangzhou. Mohon informasi estimasi berat dan volume paket ?”. Atau dalam Bahasa inggris sederhana sbb : “ I plan to buy 200 units and ship to Guangzhou. How much does the total price and shipping cost to Guangzhou. Also please let me know the estimation of weight and package dimensions, thank you.”.

cara-membeli-barang-di-alibaba-d

Silahkan ikuti gambar terlampir sebagai contoh, perhatikan yang saya tandai dengan kolom biru.

  • Isikan jumlah yang mau dibeli
  • Tulis pertanyaan di kolom besar
  • Ikuti tanda centang seperti gambar

Setelah selesai, klik pada tombol “send inquiry now”, maka pertanyaan akan terkirim ke seller. Selanjutnya teman teman menunggu respon dari sellernya ya.

  1. Langkah ke Lima, Negosiasi dengan seller

Setelah seller membalas pertanyaan kita, maka kita akan mendapatkan notifikasi via email, yang apabila dibuka emailnya seperti ini :

cara-membeli-barang-di-alibaba-e

Untuk melihat balasan seller, teman teman bisa klik “Reply now”. Maka teman teman akan dibawa masuk ke akun Alibaba teman teman. Seperti saya contohkan dalam foto dibawah ini :

Ini adalah contoh halaman komunikasi dengan penjual.

Catatan :

Selain dari notifikasi email, kita juga bisa melihat halaman “komunikasi tanya-jawab” kita dengan seller melalui Fasilitas “Message” di akun Alibaba kita. Caranya, dihalaman awal Alibaba, kita bisa menemukan ikon “Message” yang ada di bagian kanan atas seperti pada gambar berikut :

cara-membeli-barang-di-alibaba-g

Dengan meng-klik icon Message, maka kita akan dibawa masuk ke halaman komunikasi dengan seller tadi.

OK, langkah selanjutnya adalah membalas jawaban penjual. Caranya kita menuliskan jawaban kita pada kolom bagian bawah seperti dalam gambar.

cara-membeli-barang-di-alibaba-h

Apa jawaban yang harus kita sampaikan ?. Intinya teman teman membalas apa yang dikatakan penjual. Lakukan balas membalas message, sampai teman teman deal dengan penjual, tentang harga, ongkos kirim serta metode pengiriman ke gudang Guangzhou, berat dan volume paket. Sedangkan untuk metode pembayaran, teman teman memilih pembayaran via Alibaba Trade assurance ya. Nanti saya jelaskan lebih lanjut.

Waduh, saya bingung nih harus ngomong apa kepada penjual ?. Tidak perlu bingung, karena ini sama saja kaya kita tanya jawab dengan penjual barang di Indonesia. Hanya menggunakan Bahasa Inggris saja. Sekali lagi jika bingung dengan Bahasa inggris, teman teman bisa menggunakan bantuan Google translate.

Jika teman teman sudah deal, maka teman teman bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya, yaitu transaksi atau melakukan order.

Jika teman teman mau menawar, silahkan menawar ke penjual. Caranya ? sebutkan berapa harga yang teman teman mau. Kalau seller OK, dan deal, maka silahkan lanjut ke transaksi order.  Tetapi jika setelah nego, tidak tercapai kesepakatan, maka teman teman bilang ke penjual, maaf tidak jadi order karena harga tidak cocok. Dan silahkan cari penjual lain, mungkin bisa dapat harga lebih murah.

Oh ya, dalam tahap komunikasi ini, teman teman perlu menyampaikan alamat gudang forwarder serta marking code kepada penjual. Jadi penjual sudah tahu alamat gudang dan marking code yang harus dia tuliskan di paket teman teman nantinya.

  1. Langkah Ke Enam, Minta Proforma Invoice

Setelah deal dengan penjual, maka langkah selanjutnya adalah minta ke penjual untuk membuat Proforma Invoice (PI), yaitu penawaran resmi dari penjual yang berisi, nama barang, harga satuan, jumlah barang yang dibeli, total harga, ongkos kirim dan lain lain. Proforma invoice ini kita jadikan pegangan buat kita, serta nanti perlu teman teman sampaikan ke forwarder, untuk dipergunakan sebagai pengurusan dokumen pada saat pengiriman.

Oh, ya bagaima cara mintanya ?. Caranya sama, yaitu via message seperti kontak penjual pada langkah ke empat diatas. Bilang saja seperti ini misalnya “ OK, please provide proforma invoice”. Nanti penjual akan membuat Proforma Invoice dalam format Pdf atau Excel.

invoice-cara-belanja-di-alibaba-1

  1. Langkah Ke Tujuh, Melakukan Order

Langkah selanjutnya adalah membuat order dan melakukan pembayaran. Pembayaran kita lakukan melalui Trade Assurance Alibaba. Trade Assurance adalah fasilitas transaksi yang disediakan oleh Alibaba untuk menjamin keamanan transaksi antara penjual dan pembeli. Skemanya mirip dengan apa yang kita kenal sebagai Rekening bersama (Rekber) di Indonesia.

Bilang kepada seller untuk menerbitkan trade assurance. Bahasa sederhananya : “Please draft trade assurance, I will make payment”. Maka selanjutnya seller akan membuat trade assurance di akun alibaba teman teman. Dan setelah trade assurance diterbitkan, teman teman bisa melakukan pembayaran.

Jika penjual telah membuat trade assurance, maka teman teman akan menerima notifikasi dari Alibaba melalui email, contohnya seperti ini :

Jika teman teman siap melakukan pembayaran, maka teman teman klik pada “Make Payment”, maka akan dibawa ke halaman akun Alibaba teman teman.

Selain dari notifikasi email, teman teman bisa melihat dari halaman akun Alibaba seperti ini :

Klik pada “Orders” Maka akan dibawa ke halaman daftar Order, contohnya seperti di foto ini :

Untuk melihat detail order kita di trade assurance, maka kita bisa klik pada “View More” pada gambar diatas. Maka akan dibawa ke halaman Trade Assurance, seperti contoh ini :

Ini adalah Halaman Trade Assurance. Disitu bisa dilihat Nama penjual, barang yang dijual, jumlah yang dibeli, total harga, ongkos kirim dan alamat tujuan pengiriman barang.

Silahkan cek sekali lagi apakah semuanya sudah benar ?. Jika sudah benar, maka teman teman bisa melakukan pembayaran, dengan melakukan klik pada “Make Payment”, maka akan dibawa ke halaman pembayaran berikutnya, sbb :

Nah, untuk kita yang berada di Indonesia, kita bisa melakukan pembayaran melalui dua metode pembayaran, yaitu :

  1. Kartu Kredit
  2. Transfer bank / TT

Untuk langkah pembayaran nya saya jelaskan kedalam langkah ke Delapan

  1. Langkah Ke Delapan, Pembayaran

Seperti dijelaskan sebelumnya, kita akan membagi pembayaran dalam dua metode :

  1. Menggunakan Kartu Kredit

Dari halaman pembayaran, teman teman pilih atau centang pada bagian Credit / Debit Card, seperti foto diatas.

Oh ya, pembayaran melalui kartu kredit, akan dikenakan charge sekitar 2.95 % dari total harga + ongkos kirim yang harus dibayar.

OK lanjut, di halaman ini, teman teman isi semua kolom yang diminta. No kartu kredit, Nama, Expire Date, Kode security 3 angka dibalik kartu , serta alamat lengkap semua alamat tagihan kartu kredit yang digunakan.

Setelah diisi lengkap, teman teman klik pada “Pay Now”, maka pembayaran akan diproses oleh system Alibaba. Dan setelah berhasil, maka akan muncul notifikasi seperti contoh berikut ini :

Selanjutnya, payment akan di verifikasi oleh Alibaba. Dan biasanya sekitar 1-2 jam, proses verifikasi selesai. Setelah itu teman teman akan menerima email tentang pembayaran tadi.

2. Menggunakan Transfer Bank / TT

Jika teman teman tidak memiliki kartu kredit, maka teman teman bisa menempuh opsi kedua, yaitu melalui transfer bank. Caranya, dihalaman pembayaran tadi teman teman centang pada bagian Wire Transfer / TT, seperti ini :

Sebagai informasi, untuk transfer bank, akan dikenakan fee transfer sekitar $40 per sekali transfer. Atau tergantung pada kebijakan bank yang dipakai.

Untuk melakukan pembayaran, teman teman klik pada “View Account Information” dikolom sebelah kanan, maka akan dibawa kehalaman berikutnya sebagai berikut :

Silahkan print out halaman ini, lalu dibawa ke teller bank. Teman teman bisa menggunakan bank di Indonesia yang bisa melakukan transaksi transfer internasional. Saran saya, pilihlah kantor cabang besar dari bank tersebut, karena menurut pengalaman customer saya selama ini, banyak kantor bank kecil yang tidak bisa melakukannya.

Jadi langkahnya :

  • Teman teman melakukan print out halaman diatas.
  • Datang ke teller, lalu bilang mau transfer ke rekening yang ada di halaman print out tadi. Nanti teller akan membaca semua informasi yang ada disitu. Lalu menghitung berapa Rp. Yang harus teman teman bayarkan. Termasuk fee transfer bank nya. (Bilang teller, bahwa akan melakukan pembayaran secara Full amount, nanti teller sudah paham.
  • Lakukan transfer melalui akun teman teman di bank tersebut. Jangan melakukan transfer tunai. Tujuannya jika kedepan terjadi refund dari Alibaba, maka lebih mudah menerima uang refund nya kembali.
  • Setelah transfer, silahkan konfirmasi ke penjual, bahwa teman teman telah melakukan transfer pembayaran.
  • Alibaba akan melakukan verifikasi pembayaran setelah menerima transfer dari bank di Indonesia. Biasanya bisa makan waktu sekitar 5 hari kerja.

Jika teman teman masih bingung, bisa menyimak caranya di video youtube berikut ini :

 

  1. Langkah Ke Sembilan, Konfirmasi dan pengiriman paket, Minta Invoice dan packing list

Setelah teman teman melakukan pembayaran, ada baiknya melalukan konfirmasi kepada penjual. Teman teman juga perlu minta Invoice dan packing list kepada seller. Invoice dan packing ini nanti perlu disampaikan ke forwarder, untuk digunakan sebagai dokumen pengiriman barang. Caranya komunikasi seperti biasa. Misalnya : “ Saya telah melakukan pembayaran, mohon mengirim paket dengan aman. Disamping itu, saya minta invoice dan packing list nya “, dengan Bahasa inggris.

Selanjutnya penjual akan mengirimkan paket, dan akan melakukan konfirmasi pengiriman di Alibaba. Jika sudah dikirim, maka teman teman akan menerima notifikasi melalui email. Atau teman teman bisa juga melakukan pengecekan melalui akun Alibaba, dengan langkah sebagai berikut :

  • Di halaman depan Alibaba, teman teman klik “Orders” pada sisi kanan atas halaman.
  • Lalu pilih order yang ingin dilihat, klik pada “View More”
  • Scroll halaman kebawah, lihat di bagian “Informasi pengiriman”. Maka teman teman akan melihat informasi tracking number disitu.

OK, sekali lagi perlu saya sampaikan, bahwa setelah barang dikirim, teman teman perlu menginformasikan 3 hal kepada forwarder :

  1. Tracking number pengiriman ke gudang, ini bisa di lihat di akun Alibaba, seperti saya jelaskan diatas. Atau bisa juga minta informasi ke seller
  2. Invoice, ini minta ke seller. Atau bisa juga menggunakan proforma invoice yang diperoleh sebelumnya (pada langkah ke enam)
  3. Packing list. Minta ke seller

Contoh Invoice sudah saya jelaskan diatas. Sedangkan contoh  packing list, contohnya seperti ini :

  1. Langkah Ke Sepuluh, Konfirmasi ke Forwarder

Setelah mendapatkan informasi pengiriman dari penjual, maka teman teman melakukan konfirmasi kepada pihak forwarder bahwa paket sudah dikirim penjual ke gudang mereka. Silahkan sampaikan informasi Tracking number, Invoice dan packing list ke forwarder.

  1. Langkah Kesepuluh, Forwarder mengirim barang ke Indonesia

Setelah menerima barang dan dokumen yang teman teman kasih, maka pihak forwarder akan mengirim paket ke Indonesia. Dan setelah sampai Indonesia (Jakarta), maka forwarder akan mengurus semua hal terkait dengan pabean, membayar pajak, dll. Setelah selesai, maka barang akan dibawa menuju gudang forwarder di Jakarta.

Selanjutnya mereka akan menghubungi teman teman terkait paket tersebut dan membuat tagihan biaya forwardernya, sesuai dengan berat dan volume nya.

  1. Langkah kesebelas, Pengiriman paket ke alamat Customer

Setelah keluar tagihan, maka selanjutnya teman teman melakukan pelunasan biaya forwarder dan biaya pengiriman lokal (jika ada). Dan setelahnya forwarder akan mengirimkan paket ke alamat teman teman.

Jika alamat teman teman di Jakarta, umumnya tidak ada tambahan biaya pengiriman ke alamat. Tetapi jika diljuar Jakarta atau diluar area delivery forwarder, maka akan ditagihkan biaya pengiriman lokal menggunakan ekspedisi yang digunakan.

OK, Demikianlah langkah langkah Cara belanja di Alibaba bagian 2, sudah selesai. Jika teman teman masih bingung, bisa menonton video saya di youtube sbb :

Sekali lagi jika masih bingung, silahkan kontak kami, nanti kami pandu dan bantu step by step dari awal sampai selesai. Kami memberikan kursus gratis secara online, terutama via chat Whatsapp. Terima kasih sudah berkunjung, dan semoga kita selelu diberikan kesehatan dan keselamatan, aamiin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *